Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Penangkaran Burung Kacer - Jumlah Pakan Yang Ideal Diberikan Pada Penangkaran Burung Kacer

Jumlah pakan yang di berikan pada burung kicau harus mencukupi kebutuhan, tetapi tidak berlebihan, Jumlah ini bisa di perkirakan pada burung kicau yang kita piara berdasarkan pengamatan dan pengalaman sehar-hari kita merawat burung kacai kita tersebut. Burung yang membutuhkan protein yang lebih seperti Burung Cendel, Kacer Poci, Murai Batu dan burung sejenisnya kita haru memberi protein berupa jangkrik, ular hongkong atau uklah kandang sehari dua kali, dengan takaran yang pas misal satu jangkrik di pagi hari dan sore atau tiga ulat hongkong di pagi hari dan siang hari.

Pakan Untuk Burung Kicau (KIcau Mania Kenari, Murai Batu Medan)
Jumlah pakan yang di makan burung dalam sehari sangat tergantung pada faktor-faktor berikut :

1. Berat Badan Burung

Burung mempunyai berat badan beragam dari berat badan 10g seperti burung kolibri, dan juga ada yang mempunyai berat badan 100kg seperti burung unta. Burung yang biyasa di pelihara oleh para kicau mania mencapai berat 100-1.000g dapat makan sebanyak 5-9% dari berat badannya sendiri per hari. Sedangkan burung Kicau yang berbobot 1-90g dapat makan sebanyak 10.30% dari berat badanya per hari.
Cendet Makan sehat no cacat gacor

2. Jenis Pakan 

Jenis pakan juga mempengaruhi jumlah pakan yang dimakan burung. Burung pemakan biji-bijian seperti burung Kenari dapat makan per hari 10% dari berat badannya. Semetara burung yang memakan serangga mampu makan sebanyak 40% dari berat badanya. Karena serangga lebih banyak mengandung air dari pada biji-bijian.

3. Umur Burung

Burung Kicau yang sudah dewasa bisa memakan pakannya ssebanyak 10-40% dari berat badanya, sedangkan Burung yang masih anakan dapat memakan pakan yang di berikan indukan anak burung tersebut sebesar/seberat badan anakan burung tersebut.

4. Tingkat Metabolisme Tubuh

Burung yang mempunyai ukuran kecel seperti burung Kacamata mempunyai nilai metabolisme lebih besar dari pada  burung yang berukuran besar seperti burung poksa, jalak dan lain-lain. Berarti burung kecil seperti burung kacamata dan sebangsanya membutuhkan jumlah pakan yang lebuh besar dapri pada burung-burung besar.

Jumalah Pakan yang di beriakn juga berkaitan dengan luas sangkar burung yang di gunakan, jika burung menenmpati sangkar yang kecil maka berikanlah pakan yang cukup dan bandingan antara sangkar kecil dan besar hanya pada jumlah pakan tersebut sedikit atau banyak. Karena dalam setiap sangkar burung membutuhkan energi yang cukup unntuk beraktifitas. Sehingga berikan pakan yang cukup untuk burung yang menempati sangkar kecil ataupun besar.

Burung juga mempunyai selera/pakan faforitnya sendiri. Seperti Burung Cendet sangat gemar memakan serangga jika kita hanya memberikan por saja maka burung akan malas makan dan berujung kematian. Sehingga kita haru mengetahui kesukaan/ makanan faforitnya.

Para Kicau Mania biyasanya memberikan pakan burungnya yang memakan serangga dengan kroto basah, kemudain ulat hongkong, Penelitian menunjukan pakan yang paling di gemari oleh burung pemakan serangga adalah Kroto Basah, Ulat Hongkong, Pepaya, dan pakan yang tidak di sukai burung kroto halus.

Sekian Dulu dari Saya
Salam Kicau Mania Se Dunia
Terimakasis Semoga Bermanfaat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penangkaran Burung Kacer - Jumlah Pakan Yang Ideal Diberikan Pada Penangkaran Burung Kacer

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!