Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Penangkaran Burung Kacer - Jenie Pakan Yang di Sediakan Untuk Burung Kacer

Ada dua jenis pakan untuk burung kicau yang kita sayangi yaitu pakan hewani dan pakan nabati.

1. Pakann yang Berjenis Hewani
Burung Murai Batu Medan, Kalimantan, Nias, Lahat Gacor Siap Di tangkarkan
Pakan burung yang berjenis hewani ini biyasanya di peruntukkan pada burung kicau yang gemar terhadap makanan ini, makanan ini biyasanya adalah berjenis Kroto, Serangga, Ulat, Cacing, Ikan, Daging, Telur Ayam atau telus unggas lain, Dan Susu.

Kroto
Kroto Untuk Murai Batu, Anis Merah, Pleci, Kenari, dan Kacer Poci

Kroto ini adalah larva semut rang-rang yang banyak di gemari oleh burung kicau yang memakan serangga seperti burung jalak, kutilang, beo, dan poksai. Ada empat jenis kroto yaitu kroto basah, kroto halus, kroto kasar dan kroto kacang.

Kroto basah merupakan kroto yang paling di gemari oleh para burung kicau. Kroto ini adalah kroto yang merupakan Larva Semut Rang-Rang yang masih baru di ambil dari alam atu penangkaran semut rang-rang. Kandungan air di dalam larva kroto ini mencapai kurang lebih 79% sehingga mudah sekali busuk. Umur kroto larva semut rang-rang ini hanya bertahan selama satu hari jika tidak di awetkan. Jika para kicau mania membeli kroto basah sebaiknya disimpan di dalam lemari pendingin dan di bungkus dengan kertas agar air terserap pada kertas, dengan demikian kroto larvar semut rang-rang ini dapat bertahan lebih lama paling tidak sampai tiga hari. Kandungan Gizi dan Protein yang di miliki kroto basah ini mencapai kurang lebuh 50%, Sehingga kroto basah ini menempati peringkat satu dari kroto-kroto yang lain mengenai kualitas gizi dan proteinnya.

Kroto halus adalah kroto yang berupa semut -semut pekerja kecil dan besar. Kroto ini dapat bertahan satu minggu tanpa pengawetan. Kroto ini adalah kroto yang paling tidak di sukai oleh berbagai burung kicau.

Kroto Kasar adalah kroto yang berupa indukan semut ratu dan semut jantan. Jenis kroto ini dapat bertahan selama seminggu tanpa pengawetan

Kroto Kacang adalah kroto yang dicampur dengan kroto lain ( Campuran ketiga kroto) yaitu kroto basah, kroto halus, dan kroto kasar dan juga di tambah dengan pakan lain seperti kacang , jagung, padi, dedak, voer, dan beras ketan. Kroto ini dapat tahan dalam seminggu tanpa pengawetan. Kadar lemak yang di miliki kroto kacang adalah mencapai kurang lebih 17%.

Serangga dan Ulat
Jangkrik Dan Ulat Hongkong yang baik untuk burung kicau
Burung kicau yang menyukai serangga ada banyak macamnya seperti Burung Cendet dan burung yang sejenisnya, selain buah-buahan, serangga juaga di jadikan pakan tambahan untuk burung kicau. Serangga yang sering di jual di pasaran salah satunya adalah jangkrik, ulat hongkong,  ulat banbu dan ulat kandang. 
Ulat Hongkong adalah pakan yang di gemari burung kicau, ulat hongkong ini biyasanya di berikan pada burung kicau pemanak serangga tapi tidak jarang para kicau mania atau pemilik burung juga menberikan pakan ulat hongkong ini ke burung lain seperti burung Elang, Kuntul, Raja Udang, dan Nuri.

Ikan

Ikan ini termasuk salah satu jenis pakan burung yang biyasanya memakan ikan seperti burung kuntul, bangau, blekok, dan elang laut. Jenis ikan yang biyasanya di berikan untuk pakan burung tersebut adalah ikan mujair dalah keadaan hidup.

Daging

Burung yang memakan daging biyasanya adalah burung pemangsa (predator) seperti burung elang dan sejenisnya, daging dapat di ambil dari beberapa hewan seperti sapi, kelinci, ayam, itik, dan tikus putih. Para penggemar burung predator biasanya memberi makan burung predatornya dalam bentuk potongan daging tak jarang juga dalam bentuk utuh.

Susu

Jenis pakan yang berupa susu ini biyasanya di berikan pada burung yang masih anakkan yaitu dari keluarga burung parung bengkok dan merpati seperti burung nuri dan kakaktua. Sebaiknya memberikan susu pada burung adalah susu yang berkadar lemak rendah.

Telur Ayam/Unghas Lain

Telr uanggas yang di rebus terlebih dahulu bisa di berikan pada burung, seperti telur burung puyuh yang di rebus di berikan untuk kenari agar cepar birahi dan telurnya isi.

Cacing

Ada beberapa cacing yang baik untuk burung kicau yang kita pelihara yaitu
1. Cacing Kristal / Cacing Merah
2. Cacing Bayum
3. Cacing Tanah
4. Cacing Fosfor

2. Nabati
Pakan Biji-Bijian Burung atau pakan Nabati Burung Kicau
Pakan ini bisa berupa sayuran, buah-buahan, dan juga biji-bijian

Sayur

Sayur bisa diberikan kepada burng parkit atau burung kenari dan kakaktua dan jenis burung lainya. Sayuran yang bisa di berika antaralain adalah sawi putih, taoge, kangkung dan wortel.


 Buah-Buahan

Buah-buahan adalah salah satu pakan yang di gemari oleh burung baik itu pakan utamanya atau pakn tambahan untuk burung kicau tersebut. Buah yang diberikan para kicau mania biyasanya berupa pepaya dan pisang kepok yang suadah matang. Berikan buah-buahan kepada burung kicau yang kia miliki dalm keadaan matang yang matangnya tersebut dari pohon bukan matang karbitan. Selain pepaya dan pisang kepok ada jenis buah lain yang di sukai burung kicau tak jarang juga para kicau mania memberikan pakan ini. buah tersebut adalah buah buni, buah kersen (ceri), buah salam, buah beringin dan buah palem.

Biji-Bijian

Biji-Bijian Halus : Biyasanya di berikan pada burung perkutut, kakaktua, kenari, dan lovbird. Jenis pakan ini meliputi biji-bij yang kecil dan halus, yaitu milet, jewawut, kenari set, beras ketan hitam dan pellet.
Biji-Bijian Kasar : Biasanya di berikan pada jenis ayam-ayaman seperti ayam hutan, kuau, merak, puterr, dan terkukur. Buji-biji ini meliputi biji berukuran besar dan kasar seperti jagung kering, dabah, beras merah, kacang hijau dan pellet.

Sekian Dulu dari Saya
Salam Kicau Mania Se Dunia
Terimakasis Semoga Bermanfaat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penangkaran Burung Kacer - Jenie Pakan Yang di Sediakan Untuk Burung Kacer

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!