Tuesday, 19 April 2016

Penangkaran Burung Kacer - Cara Mengatasi Kacer yang Over Birahi

Penangkaran Burung Kacer -  Cara Mengatasi Kacer yang Over Birahi - Tips Mengatasi Burung Kacer Yang Over Birahi karena faktor over birahi (OB) pun bisa memicu burung kacer tidak mampu tampil maksimal baik saat lomba tau pun hanya sebagau burung rumahan, dia akan selalu terlihat ngembung. Ada berbagai macam faktor yang mengakibatkan burung kacer menjadi Over Birahi , faktor yang sering terjadi adalah pola perwatan harian yang mungkin saja salah atau terlalu banyak dalam porsi EF sehingga memicu burung kacer birahi. Sedangkan ciri burung kacer yang OB atau over birahi biasanya dengan sering dan selalu bergerak atau selalu kepinggir ruji sangkar dan akan mematuk-matuki ruji sangkar dan yang paling parah burung kacer tersebut tidak mau berbunyi atau berkicau hanya diam saja dan mbagong / ngembung.
Penangkaran Burung Kacer -  Cara Mengatasi Kacer yang Over Birahi

Sehingga tips khusus untuk mengatasi burung kacer yang over birahi harus segera dilakukan sebelum terlambat, agar burung kacer kita bisa tampil ngotot lagi seperti biasa.

Tips Mengatasi Burung Kacer Yang Over Birahi 

  • Lakukan proses pengembunan sesering mungkin dan akan lebih bagus proses pengembunan di perlama waktunya.
  • Mandikan burung kacer ditambah porsinya pagi, siang dan sore hari.
  • Penjemuran dikurang cukup dengan 30 menit saja per hari lalu di angin-anginkan.
  • EF seperti jangkrik pemberiannya di kurang secara bertahap dari pemberian rutinnya dikurangi 1 ekor setiap harinya sampai birahi burung kacer terlihat berkurang.
  • EF kroto bisa di hentikan dulu sampai birahinya turun.
  • Pemberian EF cacing dilakukan 2 x dalam satu minggu.
  • Pola pengumbaran dilakukan agak lama.
Ketika burung kacer tidak ada perubahan dari sisi birahi, stop pemberian jangkrik dan rubah pola pakan dengan menu utama diganti kroto, pemberiannya dimulai dengan porsi paling sedikit dan setiap hari teus ditambah sedikit demi sedikit. Bisanya dengan begitu burung kacer akan normal kembali dan sudah banyak kacer mania yang melakukan pola ini.

Ketika burung kacer  kita kondisinya terlalu birahi trethment nya burung tersebut harus segera di asingkan atau untuk sementara waktu benar-benar istirahat, itu akan lebih baik dan lebih cepat menurunkan birahinya, simpan dikandang umbaran.  atau dengan kata lain di umbar lebih lama sambil mengatur porsi EF, sampai benar-benar over birahinya turun.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner