Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Kicau - Lama Proses Mabung Burung Kicau dan Tips Untuk Merawatnya

Burung Kicau - Lama Proses Mabung Burung Kicau dan Tips Untuk Merawatnya - Lama proses mabung burung kicau berbeda-beda, tergantung dari jenis burung tersebut. Proses mabung merupakan proses pergantian bulu yang akan dialami oleh semua jenis burung kicauan tanpa terkecuali. Satu demi satu bulu-bulu tersebut akan rontok, kemudian tumbuh dengan tunas bulu baru yang lebih baik. Setiap jenis burung kicauan mempunyai waktu yang berbeda dalam siklus mabung ini. Misalnya pada burung kenari akan mengalami proses tersebut selama empat sampai enam minggu, burung love bird rata-rata selama dua sampai tiga mingguan, kemudian lama proses mabung burung pleci umumnya selama tiga sampai empat minggu. Tetapi untuk rata-rata proses mabung biasanya selama empat hingga enam minggu.
Burung Kicau - Lama Proses Mabung Burung Kicau dan Tips Untuk Merawatnya

burung kicau mabung
burung mabung prenjak
Selain itu, ada juga proses mabung yang cukup lama dengan jangka waktu tujuh sampai sembilan bulan. Tetapi ini hanya berlaku pada burung kakatua. Bagi Anda pecinta burung berkicau, lama proses mabung burung kicau juga bisa dipercepat dengan cara-cara tertentu. Keberhasilan untuk mempercepat proses mabung tergantung juga bagaimana cara Anda menanganinya. Sebenarnya ada kelebihan dan kekurangannya dalam mabung ini. Kelebihannya adalah jika berhasil melalui proses ini maka otomatis bulu burung tersebut akan tampak lebih bagus, kuat dan mengkilap. Selain itu, kemampuan kicau burung akan semakin meningkat dan mental burung juga tambah kuat. Ini biasa terjadi pada burung kicauan yang mengalami masa mabung pertama kalinya.

Proses mabung pada burung merupakan proses yang sangat penting. Apabila proses mabung ini gagal atau tak sesuai dengan harapan, maka tampilan bulu akan sangat jelek dan tumbuh dengan tidak teratur, serta mental burung pun semakin kendur. Disamping itu, kicauan burung yang tadinya sangat bagus dan bisa menirukan berbagai suara burung lain tiba-tiba hanya berkicau monoton, burung yang tadinya sangat gacor tiba-tiba menjadi macet, dan yang lebih mengkhawatirkan adalah burung menjadi stres kemudian mati. Jika sampai terjadi seperti hal-hal tersebut di atas maka lama proses mabung burung kicau yang sudah terjalani akan terbuang sia-sia.



mengatasi kacer mabung
mengatasi kacer mabung
Lama proses mabung burung kicau berbeda-beda, tergantung kondisi lingkungan dan daya tahan tubuh dari burung tersebut. Dengan berbagai permasalahan yang timbul ketika proses tersebut berlangsung, maka Anda harus lebih memahami bagaimana cara perawatannya untuk tetap menjaga kondisi burung kicauan kesayangan tetap fit walaupun sedang mengalami proses tersebut. Pastikan Anda memberikan makanan yang bergizi tinggi selama proses mabung, terutama menjaga agar kebutuhan asupan protein tercukupi.

Ada beberapa tips untuk merawat burung yang sedang mabung. Yang pertama, jangan memandikan dan menjemur burung. Anda jangan sekali-kali memandikan ataupun menjemur burung yang sedang mabung. Memandikan burung kicau yang sedang mengalami masa mabung malah akan memperlambat proses mabung burung dan tumbuhnya bulu baru. Lebih baik Anda biarkan dahulu sampai proses mabung benar-benar berakhir dan barulah memandikannya. Walaupun memandikan burung merupakan salah satu perawatan rutin, tetapi sangat dianjurkan agar tidak melakukannya sewaktu burung masih melewati masa mabung. Lama proses mabung burung kicau memang berbeda-beda, jadi Anda harus bersabar dalam merawatnya.



Cara Membuat Makanan Tambahan Kenari yang Bergizi Pasca Mabung
kenari mabung
Kemudian perawatan rutin lainnya yang tak boleh dilakukan adalah menjemur. Sekalipun menjemur banyak memberi manfaat bagi burung, namun dengan kondisi burung yang seperti itu justru membahayakan bagi proses mabung. Sebaiknya Anda menyimpan burung yang sedang dalam proses mabung di tempat yang kering namun agak lembab, karena kelembaban dapat membantu burung untuk merontokkan bulu-bulu lamanya. Apabila dipaksakan untuk dijemur bisa berakibat fatal, yaitu dapat menyebabkan tunas-tunas bulu yang baru tumbuh menjadi tidak sehat, sehingga bulu yang terhasilkan juga tidak secantik yang diharapkan. Demikianlah ulasan mengenai lama proses mabung burung kicau dan cara merawatnya. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Burung Kicau - Lama Proses Mabung Burung Kicau dan Tips Untuk Merawatnya

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!