Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Kacer - Tempat Bersarang yang Ideal Untuk Burung Kacer Penangkaran

Burung Kacer - Tempat Bersarang yang Ideal Untuk Burung Kacer Penangkaran - Kotak/tempat sarang bisa terbuat dari kotak kayu, ukuran variatif misalnya dengan ukuran panjang 15 cm, lebar 15 cm. Selain dari kotak kayu, sarang juga bisa dibuat dari potongan batang pohon kering yang dilubangi dengan ukuaran 10-20 cm, dengan kedalaman sekitar 10-15 cm dengan dipotong sebelah si-sinya agar memudahkan dalam pengotolan. Tempat sarang bisa diletakkan di mana saja, namun berdasarkan pengalaman lebih bagus kalau sarang diletakakn di sudut belakang sebelah atas, karena lokasi tersebut membuat kacer relatif lebih tenang saat mengerami telurnya. Di dalam kandang juga sebaiknya diletakkan/dibuatkan tempat mandi bagi kacer, bahan sarang bisa dari bahan yang kering seperti tangkai daun lamtoro, tangkai daun sengon, sabut kepala, ijuk pohon aren atau daun cemara. Sebagian bahan sarang disebar di dasar kandang, sebagian lagi ditaruh di tempat sarang, jika semua bahan ditaruh di tempat sarang, biasanya kacer enggan untuk bertelur di tempat sarang. Sekedar tips, untuk memudahkan dalam proses pembuatan sarang, bisa dibuatkan dua tempat sarang, dengan lokasi berbeda, jika nanti Kacer sudah menentukan pilihannya, sarang yang tidak dipergunakan bisa dilepas.
Burung Kacer - Tempat Bersarang yang Ideal Untuk Burung Kacer Penangkaran


Setelah kawin dan membuat sarangm Kacer akan bertelur sebanyak kira-kira 3 butir dan proses pengeraman mebutuhkan waktu 14 hari (dua minggu). Pengeraman ini dilakukan oleh sang betina. Adapun yang perlu dipersiapkan juga dalam kandang yaitu tangkringan disebelah atas dan bawah. Untuk wadah pakan bisa ditaruh diatas wadah yang berisi air/oli bekas. Dalam kandang juga bisa ditambahkan tanaman yang pertumbuhannya lampat seperi beringin untuk meberiakan suasana seperti habitatnya. (Penaruhan Pohon Tidak wajib, Boleh Di beri Pohon, Boeleh juga Tidak diberi Pohon)

Burung Kacer - Tempat Bersarang yang Ideal Untuk Burung Kacer Penangkaran

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Kacer - Tempat Bersarang yang Ideal Untuk Burung Kacer Penangkaran

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!