Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Kacer - Pemilihan Indukan Jantan dan Betina Burung Kacer Untuk Ditangkarkan

Burung Kacer - Pemilihan Indukan Jantan dan Betina Burung Kacer Untuk Ditangkarkan - Memilih pasangan indukan Kacer perlu pengamatan yang cermat, karena ada beberapa ekor Kacer yang sulit di jodohkan. Untuk Kacer betina sebaiknya dipilih minimal berumur enam bulan, sedangkan yang jantan minimal satu tahun. Untuk Kacer betina sebaiknya dipilih yang agak jinak namun mepunyai sifat figther yang cukup tinggi. Pemilihan indukan betina yang tidak terlalu jinak ini dimaksudakan agar tidak mengganggu proses pengeraman. Kacer betina yang dipilih juga sebaiknya merupakan hasil pengakaran atau yang pernah dipelihara sejak piyik, Pemilihan jantan tidak terlalu sulit apalagi kalau jantan jika jantran tersebut merupakan peliharaan dari piyik atau hasul penangkaran, sebaiknya sang jantan mulai di jodohkan dengan betinanya sejak masih kecil, hal tersebut dilakukan untuk mempermudah proses perjodohan.
Burung Kacer - Pemilihan Indukan Jantan dan Betina Burung Kacer Untuk Ditangkarkan

Hal lain yang perlu di perhatikan adalah faktor kesehatan agar proses kawin tidak mengalami hambatan, sedangkan faktor cacat tubuh pada Kacer tidak menjadi masalah serius, yang penting tidak mengganggu pada saat proses reproduksi. Selain hal tersebut di atas, kita juga bisa merujuk pada standar pemilihan Kacer lomba, seperti postur tubuh, bentuk kepala, bentuk paruh dan sebagainya. Jadi Burung Kacer yang pernah jadi Jawara mempunyai potensi yang cukup baik untuk ditangkarkan, sehingga diharapkan akan lahir anakan Kacer yang mempunyai kemampuan di atas rata-rata.

Kualitas indukan Kacer mempunyai pengaruh terhadap kualitas anakannya, oleh sebab itu, indukan Kacer hendaknya dipilih yang mempunyai kualitas bagus yang cirinya kurang lebih dapat disimpulan sebagai berikut :
  • Tidak cacat secara fisik
  • Bentuk badan yang besar dan panjang
  • Gerakan gesit, enerjik, dan sorot mata tajam
  • Telah memasuki masa birahi (kira-kira di atas 10 bulan)
  • Rajin berkicau
Catatan :
  • Indukan jantan bisa berasal dari tangkapan muda hutan yang sudah berumur lebih dari 10 bulan.
  • Indukan betina diusahakan mecari indukan betina yang sudah jinak, biasanya indukan betina yang sudah jinak berasal dari hasil penangkaran juga yang berumur kurang lebih 1 tahun ke aras,

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Kacer - Pemilihan Indukan Jantan dan Betina Burung Kacer Untuk Ditangkarkan

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!