Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Kacer - Kandang dan Sarang Untuk Mempermudah Penangkaran Burung Kacer

Burung Kacer - Kandang dan Sarang Untuk Mempermudah Penangkaran Burung Kacer - Kandang yang digunakan untuk menangkarkan burung kacer sebaiknya bentuk tertutup yang terbuat dari kombinasi  tembok tanpa plester di bagian kiri, kanan dan belakang, rangka kayu serta bagian atas dan depannya menggunakan ram kawat, bagian atas bisa dibuatkan atap dari asbes. Dinding batu bata yang tanpa plester/pelur ini dimaksudkan agar kondisi kelembapan dan suhu udara lebih stabil. Ukuran yang digunakan cukup variatif mulai dari ukuran panjang 100 cm sampai 200 cm. Lebar mulai ukuran 90 cm sampai 150 cm. Tinggi mulai ukuran 170 cm sampai 200 cm. Kandang bisa dibuat di dalam maupun diluar ruangan. Untuk kandang yang diletakkan/dibuat di dalam ruangan perlu diperhatikan faktor cahaya dan sirkulasi udara. Pintu kandang bisa dibuat dua buah, satu pintu kecil berukuran lebar 12 cm dan tinggi 12 cm untuk mengotrol makanan dan air minum dan satu pintu besar berukaran lebar 40 cm dan tinggi 70 cm sebagai akses keluar-masuk kandang untuk melakukan pengontrolan.
Burung Kacer - Kandang dan Sarang Untuk Mempermudah Penangkaran Burung Kacer



Persyaratan yang ideal untuk sebuah kandang pengakaran burung adalah :
  • Tumubuh-Tumbuhan
  • Kolam/bisa disiasati dengan cawan dari tanah liat/ kaleng roti yang diisi air
  • Tempat makan dan minum 
  • Pangkringan
  • Glodok sarang
  • Tulang Sotong
Cukup banyak penangkar sukses dengan pola membangun kandang di tempat keramaian. Ini sebuah kenyataan menyiasati minimnya lahan yang ideal untuk membangun sebuah kandang penangkaran karena padatnya pemukiman penduduk khususunya diperkotaan.

Burung Kacer - Kandang dan Sarang Untuk Mempermudah Penangkaran Burung Kacer
Ukuran kandang tidak menjadi patokan untuk membangun kandang, asal tidak sempit dan tidak terlalu besar. Bisa berukuran 90-180 cm (Panjang), 90-180 cm (lebar) dan 180 (tinggi). Ukuran merupakan kelipatan dari 90 dimaksudkan dalam pemasangan/ pemotongan kawat ram yang mempunyai kuran lebar 90 cm.
Burung Kacer - Kandang dan Sarang Untuk Mempermudah Penangkaran Burung Kacer

Dinding kandang pembatas bisa menggunakan batu bata, untuk lebih menghemat biasa juga bisa dengan triplek atau plastik talang. Kekurangan dengan bahan triplik adalam mudah rapuh karena terkena ciprataan air ketika burung kacer mandi. Sedangkan atap dari bahan genting atau asbes bisa juga ditambah seng plastik transparan dipasang berselang-seling dengan tujuan agar sinar matahari dapat masuk ke dalam kandang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Kacer - Kandang dan Sarang Untuk Mempermudah Penangkaran Burung Kacer

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!