Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Permasalahan Burung Yang Mabung (MOLTING) : Maslah Terjadinya Mabung Pada Burung Kicau (Bagian 2)

Permasalahan Burung Yang Mabung (MOLTING) : Maslah Terjadinya Mabung Pada Burung Kicau (Bagian 2) - Secara alaimi burung akan mengalami oergantian bulu, ada beberapa yang normal adapula yang sampau begitu banyaknya bahkan hampir mengganggu kestabilan gerakan. Beberapa pemelihara menyadari hal ini sebagai proses normal, namun ada pula yang mengaggapnya sebagai gangguan sehingga muncul beberapa cara mulai dari penanggulangan, oenundaan samapai pada upaya mempercepat prosesi mabung. Yang kadang menjadi pertanyaan justru mengapa burung alam hampir tidak kelihatan mengalami proses ini. Sebenarnya hal ini pada dasarnya sama, hanya karena pola hidup yang stabil dan kecenderungan untuk bertahan hidup pada burung liar menjadikannya mabung sebagai rangkaian hidup normalnya. Jika burung tidak segera mabung padahal sehararusnya sudah terjadi, diduga karena burung kekurangan mineral untuk berlangsungnya proses mabung (molting) secara wajar. Jika hal ini terjadi, diperlukan mineral esensial untuk membuka pori-pori kulit di sekitar pangkal bulu sehingga mudah terlepas.
Permasalahan Burung Yang Mabung (MOLTING) : Maslah Terjadinya Mabung Pada Burung Kicau (Bagian 2)

Mekangjah pada burung peliharaan yang terjdai ternyata sangatlah berbea, sampai di sini pemeliharaan seharusnya mempunyai koreksi mengapa bisa terjdai demikian. Beberapa kejadian burung mabung berkepanjangan sehingga bulu baru yang seharusnya bukan saatnya rontok harus lepas juga. Memperlakukan proses alamiah waktu mabung dengan perawatan yang baik, menghindari sakit dengan pemberian suplemen yang cukup, melakukan pemantauan pada masalah lingkungan merupakan pilihan paling aman untuk menjaga kondisi pasca mabung agar tercipta kondisi untuk seperti sebelum mabung.
Permasalahan Burung Yang Mabung (MOLTING) : Maslah Terjadinya Mabung Pada Burung Kicau (Bagian 2)

Secara garis besar sebenarnya dapat dilogika, namun pengalaman jugalah yang lebih ditekankan dalam menyikapi burung yang mabung ini. Beberapa kejadian penyebab mabung antara lain :
  • Terkait waktu normal pada saat manbung maka proses utupun dimulai
  • Kondisi yang tidak baik menjadikan daya tahan tubuh burng berkurang bisa terjadi karena minimnya sari makanan yang dikonsumsi
  • Akibat serangan penyakit kulit kutu, penyakit kutu dan penyakit yang menyangkut iklim dan cuaca
  • Burung stres karena berbagai kejadian seperti burung terkejut, kalah dengan burung lain, ketakutan melihat sesuatu sampai pada pemeliharaan yang menyimpang dari pola rawtan biasanya

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Permasalahan Burung Yang Mabung (MOLTING) : Maslah Terjadinya Mabung Pada Burung Kicau (Bagian 2)

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!