Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Penyakit Mencret Pada Burung - Mengatasi Penyakit Mencret Pada Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari

Penyakit Mencret Pada Burung - Mengatasi Penyakit Mencret Pada Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari - Penyakit mencret yang seing menyerang burung kenari ada dua macam, mencret yang di sebabkan oleh bakteru yang menyerang saluran pencernaan dan mencret yang disebabkan ileh keracunan makanan. Tanda-tanda penyakit mencret yang disebabkan oleh bakteri adalah kotoran berbentuk cair, berwarna keruh, berbau busuk, aktvitas (gerak) burung menurun, dan burung tidak memiliki nafsu makan. Sedangkan tanda-tanda mencret yang di sebabkan oleh keracunan makanan adalah kotoran berbentuk cair, berwarna bening dan terdapat sedikit gumpalan, tidak begitu berbau busuk, nafsu makan masih tinggi, dan aktivitas burung masih cukup tinggi. Sayuran yang kotor (tidak dicuci) dan masih mengandung residu obat pembasmi serangga (pestisida) apat menyebabkan keracunan bagi burung. Penyakit mencret yang disebabkan oleh bakteri bersifat menular, sedangkan penyakit mencret yang disebabkan oleh keracunan makanan tidak menular. Penularan dapat melalui tempat makan, minuman, maupun kotoran burung yang menderita penyakit tersebut
Penyakit Mencret Pada Burung - Mengatasi Penyakit Mencret Pada Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari

Oleh karena itu, burung yang terserang penyakit mencret harus segera dikarantina agar  tidak menular pada burung yang lain.

Tanda-tanda:

  • Penyakit mencret yang sering menyerang burung Kenari ada dua macam, mencret karena serangan bakteri di saluran pencernaan dan mencret karena keracunan makanan.
  • Kenari yang terkena  mencret karena bakteri, kotorannya berbentuk cair, berwama keruh, berbau busuk, aktivitas (gerak) burung menurun, dan burung tidak memiliki nafsu makan.
  • Sedangkan Kenari yang mencret yang karena keracunan makanan, kotoran berbentuk cair, berwama bening dan terdapat sedikit gumpalan, tidak begitu berbau busuk. Nafsu makan masih tinggi, dan aktivitas burung masih cukup tinggi

Penyebab: 

  • Mencret karena bakteri terjadi karena  kebersihan sangkar tidak tidak terjaga, sehingga bakteri bersarang di tempat makan dan minum.
  • Keracunan terjadi karena sayuran yang kotor (tidak dicuci) dan masih mengandung residu obat pembasmi serangga (pestisida).

Pencegahan:

  • Kenari yang terserang penyakit mencret karena bakteri bersifat menular  Penularan dapat melalui tempat makan, minuman, maupun kotoran burung yang menderita penyakit tersebut harus  segera dikarantina dan dipisahkan agar tidak menular pada burung-burung yang lain.
  • Sedangkan penyakit mencret yang disebabkan oleh keracunan makanan tidak menular, karena itu pencegahannya adalah setiap makanan, terutama sayuran yang diberikan harus dicuci bersih-bersih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyakit Mencret Pada Burung - Mengatasi Penyakit Mencret Pada Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!