Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Penyakit Cacingan : Mengatasi Penyakit Cacingan Pada Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari

Penyakit Cacingan : Mengatasi Penyakit Cacingan Pada Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari - Penyakit cacingan adalah jenis penyakit yang menyerang saluran pencernaan dan hati. Penyebab cacingan adalah cacing, yakni cacing tambang, caing gilig, cacing pita, can cacing hati. Tanda-tanda serangan penyakit cacing yang dapat dilihat adalh burung kurang bergairah, lemas, nafsu makan berkurang, bulu tidak teratur. Faktor utama yang menyebabkan munculnya penyakit cacing adalah kondisi kandang dan tempat makan atau minum yang kotor.
Penyakit Cacingan : Mengatasi Penyakit Cacingan Pada Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari

Pencegahan terhadap serangan cacing dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersiha kadang, tempat pakan, dan tempat minum. Oleh karena itu, kandang, tempat pakan, dan minum harus selalu dikontrol dan dibersihkan dari segala macam kotoran agar tidak menjadi sarang cacing.

Mengobati burung yang terlanjur cacingan

Jika burung terlanjur terinfeksi cacing, alias cacingan, dengan gejala-gejala awal seperti dijelaskan di atas, maka tindakan yang dilakukan mau tidak mau mengobatinya.

Di pasaran banyak dijumpai aneka obat cacing untuk burung. Ingat, dianjurkan tidak menggunakan obat cacing manusia. Anda bisa menggunakan produk yang Anda yakini afdol, termasuk AscariStop yang sudah banyak digunakan ratusan ribu kicaumania di seluruh Indonesia.

AscariStop bisa digunakan untuk menyembuhkan burung yang sudah terinfeksi semua jenis cacing, kecuali cacing yang khusus menyerang pada mata (Oxyspirura mansoni). Dalam kasus ini, Anda bisa menggunakan larutan Cresol 5% yang dapat dibeli di apotek.

Teteskan saja 1-2 tetes larutan Cresol 5% pada mata burung, biarkan 2-3 menit. Tidak lama kemudian, cacing-cacing yang hidup pada kelopak mata ini akan mati. Selanjutnya bersihkan mata dengan aquadest distilata (juga bisa dibeli di apotek terdekat) agar sisa larutan Cresol hilang. Selanjutnya, jangan dibiasakan burung makan atau diberi makan lipas atau kecoa yang sering dijadikan inang bagi cacing mata tersebut.

Di luar cacing pada kelopak mata, Anda bisa menggunakan AscariStop untuk seluruh jenis cacing yang ada di saluran pencernaan. Gunakan sesuai dosis yang dianjurkan. Khusus untuk pencegahan, Anda bisa menggunakannya sebulan sekali.

Tetapi untuk pengobatan, gunakan 3 hari berturut-turut, kemudian diulangi seminggu kemudian selama 3 hari berturut-turut pula. Jangan terlalu berlebihan memberikan obat cacing kepada burung, kerena akan membuat sistem pertahanan burung kebal terhadap obat ini. Itu sebabnya, untuk tindakan pencegahan, Om Kicau menyarankan cukup sebulan sekali.

Upaya pengobatan ini juga harus dibarengi dengan tindakan perawatan lainnya, antara lain:

  • Selama masa pengobatan, simpan burung dalam kandang / sangkar yang bagian atasnya diberi lampu sebagai penghangat.
  • Untuk membantu mengembalikan berat badan burung yang kurus akibat cacingan, berikan makanan bergizi tinggi. Misalnya memberikan pakan yang biasa diberikan untuk meloloh anakan burung (di pasaran banyak dijual pakan lolohan).
  • Antibiotik bisa diberikan jika diperlukan, terutama pada burung yang terinfeksi cacing ampela. Konsultasikan pada dokter hewan mengenai jenis antibiotik yang cocok untuk burung peliharaan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyakit Cacingan : Mengatasi Penyakit Cacingan Pada Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!