Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Penyakit Burung Kenari Snot atau Coryza Yang Berbahaya (Cara Penanganannya) - Solusi Penangkaran Burung Kenari

Penyakit Burung Kenari Snot atau Coryza Yang Berbahaya (Cara Penanganannya) - Solusi Penangkaran Burung Kenari - Penyakit snot atau coryza disebabkan oleh virus Hemphillus Gallinarum. Penyakit ini menyerang sekkitar bagian muka burung sehingga menyebabkan bengkak dan muncul benjolan berwarna merah muda di sekitar hidung, mata, dan telinga. Cara penularannya melalui perantara burung lain, udara, debu, makanan, dan minuman. Penularan penyakit ini juga dapat melalui keturunan . Tanda-tanda serangan pengakit snot atau coryza yang dapat dilihat adalah muka bengkak, hidung berlendir, sering bersin-bersin, sesak napas, dan nafsu makan turun. Jika tidak ditangani secara serius, lama kelamaan burung yang terserang penyakit akan mati.
Penyakit Burung Kenari Snot atau Coryza Yang Berbahaya (Cara Penanganannya) - Solusi Penangkaran Burung Kenari

Pencegahan terhadap serangan snot atau coryza dapat dilakukan dengan cara menjauhkan burung kenari yang terserang penyakit dari kelompok burung yang lain agar tidak menular, Disamping itu, kandang tempat makan, dan minum harus selalu dibersihkan dari segala kotoran. Burung kenari yang telanjur terserang penyakit snot atau coryza harus segera diberi obat yang sesuai.

Tanda-Tanda:
  • Secara kasat mata,serangan penyakit snot atau coryza yang dapat dilihat adalah muka bengkak, muncul benjolan berwama merah di sekitar hidung, mata, dan telinga. hidung berlendir, sering bersin-bersin, sesak napas, dan nafsu makan turun. Jika tidak ditangani secara serius, lama kelamaan burung yang terserang penyakit mi akan mati.
Penyebab: 
  • Virus Hemophillus Gallinarum yang menyerang sekitar bagian muka burung sehingga menyebabkan
Cara Penularan: 
  • Melalui perantaraan burung lain, udara, debu, makanan, dan minuman. Penularan penyakit mi juga dapat malalui keturunan.
Pencegahan: 
  • Pisahkan burung kenari yang sudah terserang penyakit dan kelompok burung yang lain agar tidak menular. Burung Kenari yang terlanjur terserang penyakit snot atau coryza harus segera diberi obat yang sesuai.
  • Bersihkan sangkar tempat makan, dan minum harus selalu dibersihkan dan segala kotoran
Pengobatan: 
  • Untuk mengobati burung kenari yang terserang penyakit Snot ini, berikan anti biotik Spektra. Obat diberikan tiga kali dalam sehari, masing-masing dua tetes langsung kedalam mulut kenari. Obat diberikan selama lima hari berturut-turut, karena biasanya burung kenari akan mengalami kesembuhan dalam waktu lima hari setelah pengobatan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyakit Burung Kenari Snot atau Coryza Yang Berbahaya (Cara Penanganannya) - Solusi Penangkaran Burung Kenari

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!