Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Penyakit Bubul Cara Penanganan Penyakit Bubul Pada Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari

Penyakit Bubul Cara Penanganan Penyakit Bubul Pada Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari - Penyakit bubul (bumble foot) adalah kenis penyakit yang sering menyerang hampir semua jenis burung. Peyebab penyakit bubul adalah bakteri Staphylo Coccus. Bakteri ini menyerang permukaan kulit, terutama kulit telapak kaki. Faktor utama yang menyebabkan timbulnya penyakit bubul adalah kebersihan kandang, khususnya  tempat bertengger. Tanda-tanda seranggan penyakit bubul yang dapat dilihat adalah kaki menbengkak, kuku memanjang, sisik kaki melebar atau merenggang. Jika serangan penyakit bubul ini dibiarkan, lama-kelamaan infeksi penyakit tersebut akan melebar dan bertambah besar. Pencegahan terhadap serangan penyakit bubul dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan kandang dan tempat bertengger burung.
Penyakit Bubul Cara Penanganan Penyakit Bubul Pada Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari
Penyakit Bubul Cara Penanganan Penyakit Bubul Pada Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari
Pengobatan

Apabila menjumpai lesi pada kaki burung, jangan menunggu sampai lesi tersebut membesar. Penyakit ini bisa diobati, terlebih jika kondisinya belum membesar sekali. Di beberapa negara Barat, produk yang dikenal antara lain Ivermectin dan Moxudectin. Sedangkan di Indonesia, ada produk sejenis bernama BirdCream.

Untuk lesi yang masih ringan, pengobatan membutuhkan waktu sekitar 3-4 hari. Oleskan BirdCream, dengan bantuan benda semacam cotton bud, ke bagian kaki yang ditumbuhi lesi atau kerak. Sapukan ke semua bagian yang terserang sampai sembuh.

Untuk lesi yang sudah membesar, pengobatan membutuhkan waktu sekitar 10 hari. Proses pengobatan BirdCream memiliki dua fungsi sekaligus, yaitu membunuh tungau kaki dan mengempiskan lesi hingga akhirnya benar-benar lenyap.

Pencegahan

  • Biasakan mencuci wadah pakan, wadah air minum, cepuk eksra fooding, dan tenggeran setiap hari, menggunakan air sabun, dan dibilas dengan air bersih.
  • Apabila wadah pakan, air minum, cepuk ekstra fooding, dan tenggeran sudah terlalu lama, apalagi kotoran yang melekat susah dihilangkan, jangan ragu untuk menggantinya dengan yang baru.
  • Biasakan seminggu sekali sangkar / kandang disemprot dengan desinfektan (obat suci hama), yang bisa dibeli di apotek, toko kimia, dan poulty shop dengan harga relatif terjangkau.
  • Larutan desinfektan bisa diganti dengan FreshAves. Jadi, seminggu sekali sangkar / kandang disemprot dengan larutan yang berisi campuran 5 gram serbuk Fresh Aves dan 1 liter air. Untuk penangkaran, serbuk bisa ditabur di bawah sarang, ketika induk betina sedang meninggalkan sarangnya.
  • Selain berfungsi sebagai desinfektan, FreshAves sangat efektif untuk membasmi tungau, kutu, jamur, dan parasit lain yang berkembang di luar tubuh burung. Produk ini mengandung permethrine dan piperonyl butoxide. Permethrine dikenal sebagai pestisida aman yang sudah diujikan untuk penyemprotan nyamuk demam berdarah di berbagai wilayah di Indonesia. Berdasar uji coba tersebut, permethrine terbukti mempunyai aktivitas insektisidal yang sangat tinggi dan cepat, baik untuk lalat, nyamuk, kutu, tungau, dan insekta pengganggu lainnya, serta aman untuk hewan maupun manusia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyakit Bubul Cara Penanganan Penyakit Bubul Pada Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!