Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Menjaga Kualitas Pejantan Burung Kenari Agar Salau Prima - Solusi Penangkaran Burung Kenari

Menjaga Kualitas Pejantan Burung Kenari Agar Salau Prima - Solusi Penangkaran Burung Kenari -  Agar kualitas pejantan selalu dalam kondisi prima, maka kualitas pakan dan kebutuhan menu pakan harus sungguh-sungguh diperhatikan. Makanan yang diberikan harus lebih baik daripada biasanya agar kebutuhan energi dan nilai kalori yang masuk kedalam tubuh kenari seimbang dengan tenaga yang dikeluarkan. Jika tenaga yang dikeluarkan lebih besar daripada kebutuhan energi, maka lama kelamaan kondisi burung tersebut akan semakin menurun dan akhirnya dapat menyebabkan kematian.

Menjaga Kualitas Pejantan Burung Kenari Agar Salau Prima - Solusi Penangkaran Burung Kenari

Jika kenari jantan tidak juga segera gacor merayu betina meski secara umum terlihat sehat atau kenari betina tidak juga matang kelamin meki sudah berusia diatas 7 bulan, atau telur-telur kenari tidak berisi dan karenanya tidak bisa menetas, peternak harus memastikan bahwa si jantan bisa memproduksi sperma yang "berisi" dn kesehatan reproduksi betina benar-benar maksimal
Menjaga Kualitas Pejantan Burung Kenari Agar Salau Prima - Solusi Penangkaran Burung Kenari

Kenari betina akan bertelur lima atau tuju hari setelah kawin. Jumlah telur kenari biasanya dua sampai enam butir. Betina kenari akan mulai mengeram setelah telur keempat keluar(telur terakir). Masa pengeraman burung kenari selama 12 hari sampai 14 hari tergantung cuaca atau suhu. Biasanya peternak memakai tambahan lampu 5 watt didala sangkar agar suhu didalamnya lebih hangat. Setelah 12 hari mengeram, telur akan menetas satu persatu biasanya berselang seghari sampai semuanya menetas. Pada masa itu pejantan bisa dipisahkan atu disatukan tergantung karakter pejantan itu senidir. Burung kenari betina yang sedang mengeram membutuhkan ketenangan. Hal ini dapat dilakukan dengan menempatkan betina kenari jauh dari kebisingan dan gangguan. Kelembapan udara juga harus stabil, jauh dari predator, jauh dari asap, dan tidak berdebu, serta hindari angin kencang. Apabila pada masa pengeraman terdapa gangguan, betina kenari tidak akan mau mengeram. Pada masa memberi pakan meloloh anakan burung kenari siapkan extra fooding tambahan agar anakan bisa tumbuh dengan cepat dan baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Menjaga Kualitas Pejantan Burung Kenari Agar Salau Prima - Solusi Penangkaran Burung Kenari

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!