Ciri-Ciri dan Habitat Burung Kacer - Burung Kacer Promadona Burung Berkicau

Ciri-Ciri dan Habitat Burung Kacer - Burung Kacer Promadona Burung Berkicau - Burung Kacer adalah jenis burung penyanyi yang sangat digemari masyarakat. Disamping karena warna bulu yang hitam mengkilat juga kepandaianya menirukan nyanyian burung jenis lainnya dang sangat mudah untuk dipelihara baik sebagai klangenan (hobi) maupununtuk tujuan lomba dan penangkaran. Namun sekarang ini burung kacer sudah dikategorokan sebagai jenis burung langka, hal ini ikarenakan banyaknya peburuan terhadap jenis burung pemakan serangga ini. Untuk melindunginya dari kepunahan, pemerintah dengan mengharuskan para pemburu burung ni untuk memiliki ijin khusus, sementara itu di indonesia yang nampaknya belum ada perangkat undang-undang yang mendukung upaya pelestariannya.
Ciri-Ciri dan Habitat Burung Kacer - Burung Kacer Promadona Burung Berkicau

Dengan latar belakang itulah blog ini mencoba untuk merangkum ulang tulisan mengenai jenis burung kacer yang satu ini, dengan harapan masyarakat, khususnya para penghobi burung bisa mendapatkan informasi yang beragam untuk kebaikan satwa langka yang satu ini.
Ciri-Ciri dan Habitat Burung Kacer - Burung Kacer Promadona Burung Berkicau

Kacer mempunyai nama ilmiah Copsychus Saularis termasuk dalam Phylum Chordata, Ordo Passeriformes, Family Muscicapidae, Genbus Copsychus. Habitat asli burung yang dalam bahasa inggrisnya disebut Magpie Robin/Oriental Magpie Robin/Staits Robin ini adalah daerah hutan terbuka, kebun dekat pemukiman penduduk. Burung ini lebih menyukai area terbuka di pinggiran hutan dibandingkan dengan di dalam hutan yang lebat. Meskipun menyukai daerah terbuka, namun belum pernah ada keterangan yang menyebutkan mereka juga hidup di daerah dekat laut/pantai.


Klasifikasi Ilmiah Burung Kacer
Kingdom : Animalia
Phylum : Chordate
Clas : Aves
Order : Passeriformes
Family : Muscicapidae
Genus : Copsychus
Species : C. Soularis, C. Sechellarum, CC. Albospenularis

Secara umum burung ini mempunyai ukuran panjang tubuh sampai 19 cm jika diukur dari ujung paruh sampai ujung ekor. Kacer jantan dewasa mempunyai warna bulu bagian kepala dan atas berwarna hitam mengkilat, sementara pada sebagian sayap mulai dari bagu sampai ujung sayap sebagian berwarna putih. Untuk jenis burung kacer poci/sekoci pada bagian bawah dada sampai keujung ekor bagian bawah berwarna putih, sedangkan untuk yang jenis Jawa timur berwarna hitam. Pada betina didominasi warna abu-abu cenderung kusam. Sedangkan pada burung jantan muda warna bulu pada bagian atas dan kepal masih terdapat warna coklat.
Ciri-Ciri dan Habitat Burung Kacer - Burung Kacer Promadona Burung Berkicau

Burung Kacer/Haur termasuk salah satu Primadona burung berkicau yang populer di Indonesia saat ini. Ada dua jenis Kacer yang sering sekali meramaikan ajang kontes burung berkicau di tanah air, yakni Kacer Hitam yang sering disebut Kacer Jawa dan Kacer Poci yang sering disebut Kacer Sumatra. Kacer Jawa nama ilmiahnya adalah Copsyshus Sechllarum sedangkan Kacer Sumatra adalah Copsychus Saularis.

Perbedaan keduanya yang mencolok adalah warna bulunya. Kacer Jawa berwarna hitam semua di bagian dada sampai dekat kloaka, sementara Kacer Sumatra warna hitamnya hanya sampai dada ke bawah hingga kloaka berwarna putih. dan ada satu lagi jenis Kacer yang ciri fisiknya mirip dengan Kacer Sumatra, yaitu Kacer Madagaskar Copsychus Albospecularis.

auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings , manfaat gula merah, freshaves, suara cucak ijo, suara c ijo, download suara cucak ijo mp3, laptop, bisnis tanpa modal, peluang bisnis online terbaru, internet broadband, internet access, internet isp, internet line, internet p, email customer service gojek, grabbike car, bank s, web website, bank c, website shop, logo animals, web dengan desain terbaik

0 Response to "Ciri-Ciri dan Habitat Burung Kacer - Burung Kacer Promadona Burung Berkicau"

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!