Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Berdasarkan Pasangan Burung Kenari Perjodohan Burung Kenari Dibagi Menjadi Dua Bagian - Solusi Penangkaran Burung Kenari

Berdasarkan Pasangan Burung Kenari Perjodohan Burung Kenari Dibagi Menjadi Dua Bagian - Solusi Penangkaran Burung Kenari - Berdasarkan pasangannya, sistem  penjodohan di bagi menjadi penjodohan menggunakan pasangan yang tetap dan penjodohan menggunakan pasangan yang tidak tetap. Penjodohan kenari dengan pasangan tetap adalh proses penjodohan yang dilakukan dengan menggunakan pasangan yang sama. Penjodohan dengan pasangan tetap dapat juga di bedakan menjdai dua penjodohan, yaitu :
Berdasarkan Pasangan Burung Kenari Perjodohan Burung Kenari Dibagi Menjadi Dua Bagian - Solusi Penangkaran Burung Kenari

  1. Penjodohan dengan pasangan tetap hanya satu pasang
  2. Penjodohan dengan pasangan tetap dengn beberapa indukan (2-4) indukan. Satu pejantan kenari dapat dijodohkan dengan dua sampai empat indukan betina kenari secara bergantian
Penjodohan dengan pengertian pertama umumnya antara indukan betina dan jantan tidak pernah dipisahkan sejak proses penjodohan, bertelur, menetas, dan membesarkan anak. Indukan jantan dan betina bersama-sama membesarkan anak-anaknya. Dengan demikian, indukan jantan tidak terfosir untuk mengawin beberapa indukan betina sehingga kondisi kesehatannya tetap bai. Penjodohan dengan pasangan tetap menurut  beberapa peternak burung kenari dianggap kurang efektif karena satu jantan hanya di kawinkan dengan satu betina. Padahal, satu indukan jantan daat dikawinkan dengan beberapa indukan betina selama waktu istirahat dengan menu makan yang terjamin.

Penjodohan dengan tidak tetap umumnya dilakukan oleh penangkar yang hanya memiliki indukan jantan terbatas, sedangkan jumlah indukan betina cukup banyak. Proses penjodohannya hanya berdasarkan situasi, misalnya ketika ada indukan betina yang sudah di jodohkan karena anak-anaknya sudah dapat makan sendiri. Jika indukan betina tersebut sudah tampak siap kawin lagi, maka dapat segera dijodohkan dengan indukan jantan lain supaya tidak terlambat untuk bertelur lagi.

Keuntungan penjodohan burung kenari dengan pasangan yang tidak tetap adalah produksi telur dan anakan kenari dapat berlangsung terus-menerus sampai batas waktu tertentu. Sedagkan kelemahan penjodohan burung dengan pasangan yang tidak tetap adalah kualitas anakan burung kenari kurang bagus, baik dari segi warnanya maupun suaranya. Sebab, penangkar umumnya tidak memperhatikan latar belakang penjodohan tersebut, mereka hanya berorientasi pada jumlah produksi yang dihasilkan. Disamping itu, induk jantan yang digunakan secara terus menerus dan kurang beristirahat meyebabkan citalitasnya cepat menurun. Burung kenari jantan yang telalu diforsir untuk mengawin induk kenari akan menghasilkan anakan kenari yang kualitasnya kurang bagus.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!