Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Berak Kapur Pada Burung Kenari Cara Menangani Berak Kapur Pada Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari

Berak Kapur Pada Burung Kenari Cara Menangani Berak Kapur Pada Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari - Penyakit berak kapur banyak menyerang beberapa jenis unggas. Penyakit ini dikenal juga dengan nama penyakit Salmonellosis atau pullorum. Penyebab penyakit ini adala Salmonella pullarum yang menyerang salauran pencernaan. Penyakit berak kapur bersigat menular. Tanda-tanda atau gejala serangan yang dapat dilihat adalah kotoran burung berbentuk cair dan berwarna putig seperti kapur, nafsu makan menurun, pada stadium tertentu burung mengalami kesulitan membuang kotoran. Jika diperhatikan, banyak kotoran berwarna putig melekat pada bulu di sekitar anus. Tanda lain burung kenari yang terserang penyakit berak kapur adalah muka pucat, bulu tidak teratur, sayap menggantung, dan burung tidak bergairah.
Berak Kapur Pada Burung Kenari Cara Menangani Berak Kapur Pada Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari

Pencegahan tergadap timbulnya penyakit berak kapur dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan kandang, makanan, dan minuman. Setip hari kandang di bersihkan dari segala kotoran, termasuk kotoran burung kenari itu sendiri. Gunakan desinfektan atau bioseptik untuk mencuci kandang. Setiap dua hari sekali, tempat pakan dan tempat minum dibersihkan. Sisa-sisa makanan dibersihkan dan dibuang agar tidak berjamur dan diganti dengan makanan yang baru. Demikian juga, air minum harus selalu diganti dengan air baru yang sudah direbus (matang), bersih, dan sehat (tidak mengandung bahan-bahan beracun yang berbahaya).

JIka burung sudah terinfeksi penyakit berak kapur, burung tersebut harus segera dipisah dari burung-burung yang lain agar tidak menular, Bueung yang sudah terinfeksi penyakit berak kapur diberi obat antibiotik secara intensif sesuai dengan petunjuk yang ada. Penggunana obat antibiotik tidak boleh sembarangan, sebab jika tidak tahu secara pasti justru berakibat fatal.

Ciri Burung Yang Terserang Berak kapur :

  • Kotoran biasanya encer dan berwarna putih.
  • Burung akan sering merunduk serta sayapnya terkulai dan bulunya akan mengembang.
  • Burung sering menutup mata.
  • Nafsu makan burung berkurang drastis.
  • Bila tidak segera diatasi burung tidak akan mampu bertengger dan akan berada di dasar kurungan.

Cara Mengatasi Burung Yang Terserang Berak kapur :

  • Segera jauhkan burung dengan burung lain yang masih sehat.
  • Segera berikan obat antibiotik seperti Super-N, BIONIC +.
  • Juga bisa diberikan Propolis Lebah.
  • Selain obat di atas bisa juga dengan memberikan sedikit bawang yang telah dihaluskan jika keadaan benar-benar darurat.
  • Bersihkan kotoran burung, mangkuk pakan dan air agar bakteri tidak menyerang burung lagi.
  • Untuk sementara hentikan pemandian atau penyemprotan burung dan penjemuran burung sampai burung benar-benar sehat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Berak Kapur Pada Burung Kenari Cara Menangani Berak Kapur Pada Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!