Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Tledekan-Cara Membedakan Burung Tledekan Jantan dan Burung Tledekan Betina- Gambar Burung Tledekan Dari Berbagai Daerah

Burung Tledekan-Ciri-Ciri Burung Tledekan Jantan dan Ciri-Ciri Burung Tledekan Betina-Ciri-Ciri Umum Burung Tledekan-Gambar Burung Tledekan dari Berbagai Wilayah/Dareah Antara Burung Tledekan Jantan dan Burung Tledekan Betina dan Cara Membedakanya-Jika Anda ingin mengetahui perbedaan dari burung tledekan jantan dan betina, maka anda kami ajak untuk menyimak artikel berikut ini. Dan ini adalah ciri-ciri burung sulingan yang mudah dan tentunya tanpa harus mencatatnya.

Ciri-Ciri Burung Tledekan Jantan

  • Jika terlihat pada kepalanya terlihat warna biru cerah.
  • Pada bulu bagian atas berwarna biru tua.
  • Bulu dada berwarna kuning jeruk.

Ciri-Ciri Burung Tledekan Betina

  • Untuk bakalan biasanya burung tledekan betina berwarna coklat muda.
  • Burung tledekan betina dewasa bulu atas berwarna coklat zaitun.
  • Warna bulu pada perutnya coklat muda.

Ciri-Ciri Umum Burung Tledekan

  • Burung Tledekan mempunyai panjang badan kisaran antara 8-20cm
  • Membedakan kelamin jantan pada burung ini dengan pola warna yang kontras antara tledekan yang berkelamin jantan di banding dengan burung tledekan betina


Gambar Burung Tledekan dari Berbagai Wilayah/Dareah Antara Burung Tledekan Jantan dan Burung Tledekan Betina dan Cara Membedakanya

  • Tledekan Gunung Jawa


Burung ini memiliki nama lain Sikatan Cacing atau dikenal juga dengan sebutan cyornis banyumas. Tidak hanya berasal dari Pulau Jawa, sebenarnya burung ini juga bisa ditemukan di Pulau Kalimantan.

Ciri Burung Tledekan Gunung Jawa Jantan
Burung ini memiliki dominasi warna bulu biru, orange dan hitam. Di bagian kepala terutama di atas kepala, di bagian punggung dan ekor burung ini dipenuhi dengan warna biru. Kemudian pada bagian tenggorokan hingga perut burung Sikatan Cacing jantan berwarna orange. Kemudian pada bagian perut hingga bawah ekor terdapat gradasi dari warna orange ke warna putih.
Di bagian sayap, selain warna biru, kita akan menemukan warna hitam terutama pada ujungnya. Tledekan jantan memiliki suara kicauan yang nyaring dan ngeroll.
Sangat berbeda dengan Burung Tledekan jantan, Burung Tledekan Gunung Jawa betina didominasi oleh warna coklat terang dan semburat berwarna biru. Di bagian kepala, punggung, sayap, dan ekor, semuanya berwarna coklat. Kemudian pada tenggorokan dan dada serta perut burung ini berwarna orange terang. Warna orange tersebut diselingi dengan warna putih.


  • Tledekan Gunung Kalimantan



Tledekan Gunung Kalimantan disebut juga burung Sikatan Bakau memiliki nama latin cyornis rufigastra. Banyak peternak mengatakan bahwa Sikatan Bakau adalah salah satu jenis Burung Tledekan yang rada sulit mengeluarkan suara. Namun apabila sudah bersuara, rata-rata Burung Tledekan Bakau menjadi gacor dan ngeroll.
Perbedaan Antara Burung Jantan dan Betina
Burung jantan memiliki paruh yang berwarna lebih terang dibandingkan dengan burung betina. Bagian kepala, terutama bagian atas dan punggung serta pangkal sayap berwarna biru. Di sekitar mata, burung ini memiliki bulu berwarna hitam.
Mulai dari tenggorokan dada dan sekitar perut warna orange tampak jelas. Dan di bawah perut warna bulunya tampak putih.
Ciri-ciri Burung Tledekan Gunung Kalimantan Betina memiliki warna bulu biru yang lebih gelap dibandingkan dengan bulu jantan. Kemudian pada tenggorokan, dada dan perut, bulunya tampak kusam terlihat merah kecoklat-coklatan dan dipadu dengan warna putih.

  • Tledekan Laut Atau Sulingan Laut

Burung Tledekan Laut atau dikenal juga dengan nama Burung Sulingan Laut, beberapa orang menyebutnya juga dengan sebutan Burung Sikatan Biru Putih memiliki nama latin cyanoptila cyanomelana.
Perbedaan antara burung jantan dan betina diantaranya adalah, Burung Sikatan Biru Putih jantan memiliki bulu berwarna biru di bagian atas kepala, kemudian di bagian punggung dan sayap serta ekor. Warna biru tersebut tampak mengkilat. Kemudian dibawa tenggorokan dan di bagian dada terdapat warna biru gelap hingga hitam. Mulai dari bawah dada hingga ke perut dan dibawah ekor, burung jantan didominasi dengan warna putih.
Sedangkan burung betina, dominan memiliki warna abu-abu kecoklat-coklatan. Mulai dari kepala punggung dan bagian dada. Sedangkan di bawah perut hingga ekor, burung betina memiliki bulu warna putih. Warna biru hanya ditemukan pada beberapa tempat misalnya di pangkal sayap dan di ujung sayap, tempat-tempat tersbut berwarna biru gelap. Termasuk juga di bagian ekor.
  • Tledekan Biru Atau Selendang Biru
Tledekan biru yang dikenal diantaranya adalah Tledekan Biru Muda dan Tledekan Ninon.
Perbedaan antara burung jantan dan betina sebenarnya sangat mencolok. Yang jantan memiliki warna bulu, mulai dari kepala, leher dan dada serta punggung berwarna biru terang. Sebagian orang mengatakan burung ini sebagai Sikatan Biru Muda.
Di bawah dada hingga perut, dan di bawah ekor, bulunya didominasi dengan warna abu-abu.
Sedangkan pada burung betina, didominasi bulu berwarna abu-abu putih dan coklat terang.
Hampir tidak ditemukan warna biru pada burung betina. Bagian kepala sayap dan ekor burung betina berwarna coklat. Sedangkan pada bagian leher dan dada serta perut burung ini berwarna putih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!