Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Kenari - Solusi Penangkarang Burung Kenari - Pakan Burung Kenari Dan Khasiatnya Untuk Kenari

Burung Kenari - Solusi Penangkarang Burung Kenari - Pakan Burung Kenari Dan Khasiatnya Untuk Kenari - Berikut beberapa resep pakan yang sebaiknya diberikan kenari dengan tujuan tertentu :
  • Berikan mantumun jika kenari gemuk
  • Berikan sawi atau sosis jika inhin bulu kenari terlihat bersih dan bersinar sesuai dengan warnan dasar kenari
  • Berikan wortel parut jika warna keari berwarna dasar orange. Pemberian jika sebaijnya dilakukan saat kebaru orange tersebut masih anak hingga dewasa. Tujuannya untuk mempertegas warna orange kenari saat dewasa sehingga warnanya tidak samar. Didalam wortel terkandung zat untuk mempertebal pigmen warna pada bulu kenari
  • Berikan oyong untuk memecah suara kenari agar ma mengoceh (jika masih anak) dan untuk kenari dewasa rajin berkicau
Burung Kenari - Solusi Penangkarang Burung Kenari - Pakan Burung Kenari Dan Khasiatnya Untuk Kenari

Adapun  telur puyuh dan kroto merupakan pakan yang harus diberikan pada kenari agar dapat cepat berkicau. Pemberian telur puyuh sebaiknya cukup sehari sekali. Selain mempercepat berkicau, telur puyuh sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anak-anak kenari. Efek pemberian telur puyuh yang berlebihan membuat anak kenari menjadi gendut. Kegemukan pada kenari sebaiknya dihindari karena alkan mengakibatkan kenari malas berkicau. 
Dengan beragamnya merk pakan kenari membutuhkan kebijaksanaan peternak dalam menentukan jenis pakan yang akan diberikan. Pakan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi tubuh kenari. Jika koposisinya tepat ditunjang dengan multivitamin dan mineral penunjangan lainnya membuat burung kesayangan yang dipelihara sehat. Ketika peternak mengganti merk pakan, otomatis komposisi pakannya berubah. perubahan komposisi mengakibatkan kenari harus menyesuaikan diri dengan pakan yang baru. Ada beberapa kasus saat komposisi pakan diganti, Burung kenari menjadi mallas makan karena harus menyesuaikan diri dengan racikan pakan terbaru. Kadang-kadang pada saat ganti komposisi pakan kenari mengalami kerontokan bulu. Bagi peternak kerontokan bulu kenari sangat dihindari kecualai mabung alami setahun sekali.
Bagi penangkar yang tidak mau diribetkan/direpotkan dengan urusan mencampur pakan lebih baik memberikan pakan yang sudaj jadi (sudah di racik pabrik).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Kenari - Solusi Penangkarang Burung Kenari - Pakan Burung Kenari Dan Khasiatnya Untuk Kenari

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!