Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari - Sejarah Pemberian Grit dan Tulang Sotong - Pentingnya Pemberian Grit Untuk Kenari

Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari - Sejarah Pemberian Grit dan Tulang Sotong  - Pentingnya Pemberian Grit Untuk Kenari- Selama 2 abad, Penggemar kenari di Inggris menyediakan grid atau tuklang sotong untuk burungnya, biasanya memakai r=temoat makan kecil. Cara ini digunakan penggemar di Belanda, Prancis, Belgia, Spanyol dan Italian selama sudah beratus-ratus tahun. Peternak kenari sebaiknya tidak mengesampungkan pemberian grit dan tulang sotong ini, meskipun burung kenari tampak tidak menyukainya. Secara biologi, burung jenis finch liar atau burung pamakan buji-bijian mencari dan mengkonsumsi grit seriap harinya. Kebiasaan menginsumsi grit terbawa secara naturuah selama berjuta-juta tahun, seperti naluri membuat sarang, mandi dan bernyanyi.
Burung kenari dan burung lainnya mempunyai sistem pencernaan yang disebut "ampela" yang berfungsi untuk membantu meremuk biji-bijian karena mengngat burung tidak mempunyai gigi seperti layaknya manusia. Ampela menggunakan grit untuk memecah biji dibantu dengan asam lambung. Grit dimakan ileh butung setelah itu mendiami galur-galur ampela sihingga membantu meremukkan biji-bijian menjadi butiran yang lebih halus. Grit akan hancur dengan segera menjadi butiran yang lebih halus. Grit akan hancur dengan segera menjadi seperti pasir halus. Selain itu grit akan larut dalam ampela dan sam lambung. Dengan demikian secara otomatis grit juga mensuplai kalsium untuk telur dan tulang. Apabila grit tidak larut, seperti granit dan kwarsa, grit akan keluar bersama kotoran. Jika burung kenari, finch, atau burung pemakan biji dooperaso, kita dapat meliaht adanya grit dalam ampelanya. Percobaan membuktikan bahwa apabila burung kenari tidak diberikan makan grit selama sekitar 2 minggu, kemudian dilepaskan ke kandang besar yang beralaskan tanah. Burung tersebut akan segera mencari griy di tanah.
Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari - Sejarah Pemberian Grit dan Tulang Sotong  - Pentingnya Pemberian Grit Untuk Kenari

Stroud's Digest On The Diseases Of Birds halaman 136 menjelaskan fungsi ampela dalam hubungan grit dengan pencernaan adalah :
"Ampela berukuran besar, bulat , organ yang beroto terletak di sebelah kiri atas ringga perut. Ringga bagian dalam mempunyai dua tigkat yang permukaanya saling berhadapan yang dilapisi dengan lapisan yang keras dan berombak-ombak. Dengan gerakan berputar pelan dan permukaan saling bersingungan oleh otot yang kuat bertenaga yang dibuat alam. Dan dibantu oleh asam lambung membuat bijian atau apa yang didalamnya menjadi lunak, Membuat bijian yang keras menjadi lunak."
Hampir sama dengan yang ditulus oleh Bernard Poe dalam buku Cage Bird Handbook yang diterbitkan oleh Bailey dan Swinden Ltd. London tahun 1950-an
"Perut burung pemakan bijian tidak terlalu berotot dan kuat tetapi lebih mempunyai ampela berotot dan berdinding tabal. Dinding ototny tersusun dalam dua oentolan yang berhadapan yang berkontaksi dengan kuat, menghancurkan makanan menjadi lunak, Dibantu dengan aksi batu-atuan kecil yang ditelan burung. Dalam wakti yang singkat batu ini menjadi bundar dan menjadi lebih kecul lagi dan menuju ke celah kecil di bagian bawah, menuju ke perut dan akhirnya kemuar bersama kotoran."
Jadi Grit sangat diperlukan oleh kenari untuk membantunya mennyempurnakan pengambilan sari makanan di pencernaan. Hal ini terjadi karena kenari tidak memiliki sistem pencernaan seperti mamalia. Dengan demikian, peternak senaiknya memberikan grit untuk kenari kesayangannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!