Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari - Vitamin Untun Menunjang Penangkaran Burung Kenari

Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari - Vitamin Untun Menunjang Penangkaran Burung Kenari -Vitamin sangat dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan burung. Pemberian vitamin pada burung kenari dapat dilakukan setiap hari. Peternak tidak perlu khawatir jika kelebihan dosis vitamin di dalam tubuh, sebab sia vitamin yang tidak dimanfaatkan oleh tubuh burung akan terbuang melalui kotoran burung. Vitamin berguna meningkatkan daya tahan tubuh, dapat meningkatkan vitalitas dan produktivitas burung. Beberapa macam vitamin yang dapat diberikan pada burung kenari antara lain vitamin A, B-kompleks, C, D, dan E. Ada beberapa jenis vitamin dalam produk kemasan yang khususu untuk komposisi burung yang dapat dimanfaatkan, antara lain Vitamin, Amino-Vital Solution, Terafit, Vitachick, dan Enervon-C.
Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari - Vitamin Untun Menunjang Penangkaran Burung Kenari

Bagi peternak yang sibik sehingga jarang menjemur burung kenari, Minyak ikan sangat membantu untuk menanggulanngi kekurangan vitamin D. Pemberian ,inyak ikan yang rutin dan komposisi yang pas menjdaikan burung kenari mempunyai bulu yang mengkilap, jejebalan tubuh meningkat (tahan terhadap penyakit) dan yang utama burung terlihat sehat ceria.
Vitamin E yaang diberikan pada kenari berguna untuk menstimulasi indukan pada saat ternak. Fungsi lain dari Vitamin E yaitu sebagai vitramin untuk kesuburan. Pada dasarnya semua biji-bijian mengandung vitamin E yang cukup. Akan tetapi, biji-bijian senga kualitas jelek, kandungan citamin E-nya rusak. Kombinasi antara vitamin E, A, dan D bermanfaat untuk menjaga kesunuran pejantan terutama yang sudah berumur. Pakan kemasan yang mengandung minyak ikan dan vitamin E merupakan kombinasi yang bagus.
Air kencur dan madu juga  sangat baik bagi burung kenari. Buat air kenur agar encer. Berikan pada kenari sekitar 1 jam setelah memakan atau minum. Setelah dimandikan pagi, ambil air minumnya. biarkan selama 3-4 jam tanpa air minum. Masukkan kembali air minum setelah 3-4 jam sehingga burung akan segera minum. Setelah sejali teguk, ambil segera air minum itu dan ganti dengan air kencur. Dengan demikian, burung akan melanjutkan minum dengan meminum air kencur. Biarkan air kencur sikandang selama 3-4jam, seltelah itu, ganti dengan air biasa. Maksudnya dari pemberian dengan cara demikian agar konsumsi air kencue dapat maksimal tanpa harus memaksa burung untuk minum air kencur sepanjang hari. sebab, jika burung benar-benar tidak mau, seharian itu burung tidak mau minum. Akibatnya, burung dehidrasi atai kerongkongan jdai kering dan malah rusak suaranya atau serak.
Pemberian madu juga jangan terlalu kental. Berikan sejak pagi hingga siang hari madu tidak usah di keluarkan atau di ganti. Berikan secara berdampuang dengan air minum biasa. Air madu baru dikeluarkan pada sore harinya ketika mau di kerodong.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari - Vitamin Untun Menunjang Penangkaran Burung Kenari

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!