Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Kenari - Penangkaran Burung Kenari - Kandang Yang Ideal Untuk Menangkarkan Burung Kenari

Kandang Yang Ideal Untuk Menangkarkan Burung Kenari - Salah satu hal yang perlu diperhatika dalam berternak kenari adalah pembuatan kandang. Bentuk dan ukuran kandang yang tepat sangat menentukan keberhasilan bertrnak kenari. Bentuk kandang sebaiknya kotak atau persegi panjang. Bentuk kandang ini memberikan ruang terbang yang lebih luas bagi kenari daripada kandang berbentuk bulat. Ukurang tubuh kenari sangat menentukan ukurang kandang. Umumnya ukuran kandang untuk perawatan 40cm x40cm x 80 cm. Ukuran kandang yang terlalukecil akan mengakibatkan kenari malas berkicau dan sulit bergerak. Kenari akan menjadi gemuk dan rawan terhadap ppenyakit. Sebaliknya ukuran kandang yang terlalu besar akan mempersulit pemeliharaan karena kenari menjadi sulut untuk ditangkap.
Pada pembuaran kandang, suhu lungkungan (suhu lingkunngan kandang ternak) juga harus duteliti. Selain itu, keamanan kenari dari gagguan serangga dan tikus juga harus diperhatikan. Suhu ruangan kondusif untuk ternak kenari antara 23 drajat C-27 drajat C. Untuk menanggulangi agar ruangan tidak panas harus  banyak bukaan (ventelasi). Dengan banyak ventelasi diharapakan udara sekjitar ruangan kandang mengalir dan udara ruanga cepat tergantikan sehingga suhu ruangan lebih nyaman. Penentuan posisi vantelasi juga harus hati-hati agar angin tidak berhembus langsung ke arah kandang ternak. Kenyamanan sekitar kandang kenari harus di perhatikan sehingga kenari terlindung dari gangguan cuaa, gagguan serangga, dan gangguan serangga, dan gagguan pemangsa lain.
Burung Kenari - Penangkaran Burung Kenari - Kandang Yang Ideal Untuk Menangkarkan Burung Kenari

Faktor paling utama dalam beternak kenari adalah kemampuan peternak dalam mengelola kandang ternak. Kandang ternak harus terjaga kebersihannya dan kenari terawat dengan baik. Selain itu, peternak harus dapat mengukur kemampuan sendiri dalam menentukan jumlah kenari yang dapat dipeliharanya. Jika kenari yang dipelihara diluar kemampuan peternak, akaibatnya banyak kenari yang kurang terurus dan kebersihan kandang terbengkalai. Apabila hal ini terjadi, sangarlah mungkin banuak kenari yang berakir dengak keamrian,
Adapun pembuaran kandang sebaiknya mempertimbangkan hal-hal berikut.
  • Kaki kandang sebaiknya tidak diberi roda langsung besi/kayu dengan cara pemindahan di angkat. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam mengatisipasi seranggan semut. Dengan kaki besi/kayu, akan lebih mudah melerakkan wadah plastik (wadah minuman burung yeng terbuat dari plastik juga bisa dipakai) di setiap kaki kandang. Wadah plastik ini selanjutnya di isi munyak tanah. Minyak tanah dapat digunakan unruk mengusir semut. Jika kaki kandang memiliki roda, untuk menghidari serangga semut dilakukan dengan menggoreskan kapur anti semut di roda tersebit atau disekitarnya. Namun cara ini sangat rawan karena daya usir kapir mudah luntur. Jika peternak lupa menggoreskan dalam waktu singkat saja, semut-semut akan menyerang kenari. cara ini juga sangat merepotkan karena menghabiskan waktu dan peternak harus selalu siap di tempat.
  • Di antaea kandang satu dengan lainnya diperlukan sekat tertutup (tidak trasnparan), agar setiap pasang tidak terganggu/saling mengganggu.
  • Bentuk kandang yang saling menggabung akan menulitkan penanganan ternak kenari. Hal ini karena dalam prakteknya. terdapat pasangan yang membutuhkan masa jemur lama (pasangan baru atau pasangan yang anakannya baru saja diangkat). ada pula pasangan /indukan betina yang perlu dijemur sebentar (indukan betina yang sedang meloloh anak), dan ada pula yang tidak memerluakn penkemuran selama 14-15 hari tetapi sekedar sirkulasi udara yang bagus dengan kelembaban cukup (indukan sedang mengeram), Dengan demikian, kandang yang saling emnggabung akan merepotkan penanganannya. Akhirnya, kandang tersebut harus diisi sejumlah pasangan dengan masa reproduksi yang bersamaan (pasangan baru semua, ngeram semua, atau ngeloloh semua). Padahal seaandainya peternak memiliki 9 indukan betina dengan 9 ekor jantan atau 3 ekor (jika 1 jantan dikawinkan dengan 3 betina) maka yang masa reproduksinya bersama hanya dua atau tipa pasang saja. Selain itu kandang yang memnggabung memerlukan banyak tenaga untuk mengangkat dan memindahkannya. Jika di dorong, akan menumbulkan efek getar (apalagi kalau lanrai tidak rata) yang mengganggu ketenangan kenari. 
Dengan demikian, kandang ternak kenari yang paling efisien, murah dan memudahkan penanganan adalah kandang gantung. Kandang ini mudah dalam menjaga kebersihannya, penjemurannya, serta lebih fleksibel unruk diangkar dan di pindah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Kenari - Penangkaran Burung Kenari - Kandang Yang Ideal Untuk Menangkarkan Burung Kenari

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!