Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Kenari - Pakan Dan Vitamin Untuk Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari

Pakan Dan Vitamin Untuk Burung Kenari - Pakan kenari dapat diperoleh secara langsung dengan cara membeli atau dapat pula dengan mencampur sendiri. Pakan Burung Kenari yang siap pakai biasanya berharga lebih mahal karena telag di racik dan di kemas oleh perusahaan pakan burung. Peternak dapat mencampur sendiri pakan kenari. Adapun komposisi campuran tersebut sebagai berikut.
Burung Kenari - Pakan Dan Vitamin Untuk Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari

Biji kenari merupakan bagian terpenting dan makanan sehari-hari bagi burung kenari. Biji ini harus berkualitas baik, bersih, kering, tidak berdebu, dan tidak mengandung kutu. Sementara itu, biji rape (biji lobak) juga sebagai makanan sehari-hari. Repe yang baik adalah biki yang bulat dan berasa manis. Peternak sebaiknya membaca merasakan sendiri rasa biji ini dengan ujung lidah setelah biji ini dibelah. Peternak harus memilih biji rape yang memberikan rasa biji-bijian. Rape yang terasa pahit atau getir tidak dipakai sebagai makanan burung. Biji hemp mempunyai kandungan lemak yang tinggi sebaiknya dipakai hanya setelah dituai. Biji ini hanya diperlukan oleh kenari yang diternakkan, tetapi tidak terlalu penting bagi burung kenari penyanyi. Bagi kenari yang diternakkan biji ini sangat diperlukan menjelang maupun saat musim kawin. Biji ini membantu burung untuk mencapai kondisi siapa kawin. Ada pternak yang memecah biji ini setiap hari dan diberikan sedikit-sedikit. Hal ini dilakukan karena biji ini mempunyai kulit yang terkadang terlalu keras untuk dipecah oleh kenari.
Biji hemp sebenarnya adalah sejenis biji tanaman rami, di Indonesia disebut fumayin. Biji ini termasuk dalam kelompok Cannabis sative. Biji hemp mengandung seluruh asam amini dan sam lemak yang semuanya bermanfaat dan di butuhkan untuk memelihara kehidupan mahluk hidup. Tidak ada satupun tumbuhan di dunia, yang dapat di konsumsi dan mengadung asam amino yang bermanfaat seperti biji hemp. Selain itu, tidak ada tumbuhan lain yang mengandung asam lemak dalam porsi yang tepat bagu kebutuhan gizi makluk hidup. Oleh karena itu, biji hemp sebaiknya diberikan kepada burung, tentunya dalam jumlah yang memadai. Kandungan nutrisi biji hem sebagai berikut
Burung Kenari - Pakan Dan Vitamin Untuk Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari
Biji linseed (biji pohon remi), biji selada, biji kubis(kol) biji poppy ( biji dan pohon sebagai opium/candut), dan biji gandum merupakan campuran yang dapt diberikan kepada burung dalam bumlah sedikit. Sedangkan biji millet yang bermacam macam itu dapat pula ditambahkan dalam campuran untuk memperkaya isi campuran yang ada. Walaupun milet ini tidak diberikan pada burung kenari penyanyi, tetapi milet ini merupakan bahan campuran yang penting bagi burung-burung yang duternakkan, terutama kalau biji ini telah berkecambah. Makanan dasar bagi diet burung kenari adalam campuran biji kenari dan biji rape yang merah (biji lobak) dengan pembandingan dua bagian biji biji kenari dan satu bagian biji rape merah. Selain perbandinga n dapat pula dilakukan dengan komposisi tiga bagian biji kenari dengan sati biji rape merah. Sebagai tambahan, burung agar diberi makan campuran yang terdiri dari biji hemp, biji nigger, biji gandum, biji pohon rami (linseed), dan biji rape hitam dengan frekuensi dua atau tiga kali seminggu
Biji Niger pernah dianggap sebagai biji yang kurang prnting bagi makanan kenari, tetapi orang merasa memerlukannya sebab sebagai nilai gizi, karena biji niger ini mengandung lemak yang tinggi. Peternak sebaiknya memberikan biji niger tiga kali seminggu kepada betina-betina kenari yang akan bertelur. yaitu apabila musim kawin telah mendekat. Biji niger berminyak sehingga dapat mencegak telur susah keluar dari indikannya. Peternak sabaiknya membeli makan kenari dalam jumlah cukup. Dengan demikian tidak terjadi penimbunan makanan burung . Hal unu berlaku terutama bagi peternak besar. Cara ini untuk menjaga mutu pakan agar tidak menurun dalam waktu penyimpanan.
Selain biji-bijian, kenari perlu juga diberikan pakan tambahan berupa sayur-sayuran dan buah-buahan. Beberapa sayur-sayuran yang sebaiknya diberikan pada kenari antara lain sawi, bayam, kangkung, dan wortel. Sementara iti, uah-buahan yang diperlukan adalah, pepaya, mentimun, apel, dan pisang. Makan rambahan iberfungsi untuk mempercepat perkembangan kenari. Sayur dapat menghancurkan lemak didalam tubuh kenari. ini bertujuan unruk menjaga postur tubuh kenari ahar tidak kegemukan. Buah-buahan juga demikian. Buak-buahan memiliki kandungan serat yang tinggi. postur tubuh kenari harus dijaga agar penambahan berat tubuhnya tidak telalu banyak. Tubuh yang telalu gemuk alan mengakibarkan kenari tidak licah, sulit bergerak dan masal berkicau.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Kenari - Pakan Dan Vitamin Untuk Burung Kenari - Solusi Penangkaran Burung Kenari

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!