Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Ciri-Ciri Dan Cara Mudah Membedakan Kelamin Burung Love Bird Jantan Dan Burung Love Bird Betina

CARA MEMBEDAKAN KELAMIN LOVEBIRD
Jantan apa Betina ??
Sebelum memulai beternak Lovebird, kita harus bisa membedakan terlebih dahulu antara Lovebird jantan dengan Lovebird betina. Menentukan jenis kelamin untuk burung lovebird memang susah-susah gampang dan banyak yang salah dalam menentukan jenis kelaminnya seorang peternak sekalipun. Menentukan jenis kelamin Lovebird kalau dilihat dari tulang supit tidak semua orang bisa hanya orang-orang tertentu saja, saya pun belum bisa menentukan betina atau jantan dari tulang supit masih sering salah.
CARA MEMBEDAKAN KELAMIN LOVEBIRD Jantan apa Betina ?? Sebelum memulai beternak Lovebird, kita harus bisa membedakan terlebih dahulu antara Lovebird jantan dengan Lovebird betina. Menentukan jenis kelamin untuk burung lovebird memang susah-susah gampang dan banyak yang salah dalam menentukan jenis kelaminnya seorang peternak sekalipun. Menentukan jenis kelamin Lovebird kalau dilihat dari tulang supit tidak semua orang bisa hanya orang-orang tertentu saja, saya pun belum bisa menentukan betina atau jantan dari tulang supit masih sering salah.   Ciri-ciri Lovebird dari tulang supit dengan meraba kedua tulang supitnya yang terletak di bawah duburnya jika: Burung Lovebird Jantan Tulang supitnya keras, lancip, rapat dan tulang supit lebih tinggi dari tulang iga bawah. Jantan kadang juga ada yang supitnya renggang Burung Lovebird Betina Tulang supitnya lunak, lebar, tumpul dan tulang iga bawahnya lebih tinggi dari tulang supitnya. Betina juga kalau belum masuk masa birahi supitnya sempit. Berikut ini ciri-ciri lovebird kalau dilihat dari Postur Tubuhnya: Burung Lovebird Jantan - Bentuk badan lebih ramping  - Bentuk paruh lebih pipih - Kepala dan leher simetris atau datar - Bagian dada dan cara berdiri cendrung tegak Burung Lovebird Betina - Bentuk badan lebih besar - Bentuk paruh melebar - Terlihat sepeti tidak punya leher atau bentek - Dada terlihat lebih lebar - Kalau berdiri lebih ndeprok atau mengangkang - Pada masa birahi pantatnya melengkung seperti bebek - Jika bertelur pantanya ngantung Berikut ini ciri-ciri lovebird dari Tingkah Lakunya: Burung Lovebird Jantan - Sering cari perhatian dengan banyak bergerak - Sering memanggut-manggutkan kepalanya - Sering meloloh betina Burung Lovebird Betina - Lebih pendiam dari pada jantan - Sering diloloh oleh jantan  - Sering masuk glodok - Aktif angkat-angkat bahan untuk sarang Dari tiga kategori dalam penentuan jenis kelamin lovebird dari tulang supit, betuk fisik atau dari tingkah lakunya akan lebih akurat bila lovebird berusia diatas 4 bulan. Dari pengalaman para kicau mania ketika usia masih 2 atau 3 bulan ketika diraba tulang supitnya rapat dan badan ramping itu di katagorikan jantan dan ketika usia diatas 4 bulan kadang tulang supitnya bisa renggang dan bentuk tubuh jadi mengembang dan ternyata betina, hemm....
Pada umumnya burung lovebird memiliki penampilan fisik antara jantan dan betina ini tidak ada bedanya. sehingga jenis kelamin burung susah di bedakan. Jika burung anda di pelihara dengan baik kebutuhan semua nutrisi burung terprnuhi, maka love bird betina akan menghasilkan telur mulai pada umur 8 bulan, meski burung itu tidak kawin dengan jatanya.

Ciri-ciri Lovebird dari tulang supit dengan meraba kedua tulang supitnya yang terletak di bawah duburnya jika:
Burung Lovebird Jantan
  • Tulang supitnya keras, lancip, rapat dan tulang supit lebih tinggi dari tulang iga bawah. Jantan kadang juga ada yang supitnya renggang
Burung Lovebird Betina
  • Tulang supitnya lunak, lebar, tumpul dan tulang iga bawahnya lebih tinggi dari tulang supitnya. Betina juga kalau belum masuk masa birahi supitnya sempit.
Berikut ini ciri-ciri lovebird kalau dilihat dari Postur Tubuhnya:
Burung Lovebird Jantan
  • - Bentuk badan lebih ramping 
  • - Bentuk paruh lebih pipih
  • - Kepala dan leher simetris atau datar
  • - Bagian dada dan cara berdiri cendrung tegak
Burung Lovebird Betina
  • - Bentuk badan lebih besar
  • - Bentuk paruh melebar
  • - Terlihat sepeti tidak punya leher atau bentek
  • - Dada terlihat lebih lebar
  • - Kalau berdiri lebih ndeprok atau mengangkang
  • - Pada masa birahi pantatnya melengkung seperti bebek
  • - Jika bertelur pantanya ngantung
Berikut ini ciri-ciri lovebird dari Tingkah Lakunya:
Burung Lovebird Jantan
  • - Sering cari perhatian dengan banyak bergerak
  • - Sering memanggut-manggutkan kepalanya
  • - Sering meloloh betina
Burung Lovebird Betina
  • - Lebih pendiam dari pada jantan
  • - Sering diloloh oleh jantan 
  • - Sering masuk glodok
  • - Aktif angkat-angkat bahan untuk sarang
Dari tiga kategori dalam penentuan jenis kelamin lovebird dari tulang supit, betuk fisik atau dari tingkah lakunya akan lebih akurat bila lovebird berusia diatas 4 bulan.
Dari pengalaman para kicau mania ketika usia masih 2 atau 3 bulan ketika diraba tulang supitnya rapat dan badan ramping itu di katagorikan jantan dan ketika usia diatas 4 bulan kadang tulang supitnya bisa renggang dan bentuk tubuh jadi mengembang dan ternyata betina, hemm....

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ciri-Ciri Dan Cara Mudah Membedakan Kelamin Burung Love Bird Jantan Dan Burung Love Bird Betina

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!