Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Cara Mebuat Cendet Yang Mengembangkan Bulunya Saat Di Dekati Burung Cendet Manja Mbagong Seperti Anakan Burung

Burung Cendet Manja Mbagong Seperti Anakan Burung – Burung Cendet atau juga dikenal dengan burung pentet memang burung yang pandai dalam menirukan suara burung lain terlebih suara burung-burung kecil. Hal ini dikarenakan di alam bebas, kemampuan ini digunakan burung pentet dalam menarik burung kecil yang akan dimangsanya. Kali ini Arena Burung akan memberikan tips tentang cara mengatasi cendet yang manja.

Burung Cendet Manja Mbagong Seperti Anakan Burung – Burung Cendet atau juga dikenal dengan burung pentet memang burung yang pandai dalam menirukan suara burung lain terlebih suara burung-burung kecil. Hal ini dikarenakan di alam bebas, kemampuan ini digunakan burung pentet dalam menarik burung kecil yang akan dimangsanya. Kali ini Arena Burung akan memberikan tips tentang cara mengatasi cendet yang manja.    Jika anda pernah memelihara burung cendet, mungkin masalah ini pernah terjadi pada burung anda. Burung cendet kelihatan sangat manja terlebih jika berhadapan dengan pemilik burung. Biasanya burung akan berbunyi “ngeek..ngek...ngek...” sambil mengepa-ngepakkan sayapnya.  Sebelumnya mari kita bahas dulu tentang penyebabnya. Berikut beberapa penyebab burung cendet manja yang kami dapat dari beberapa ahlinya. Karena terbiasa diberi jangkrik langsung dari tangan. Sehingga ketika melihat pemiliknya, burung akan mengepak-ngepakkan sayapnya mengira si pemilik akan memberinya jangkrik. Untuk menyiasati hal ini beberapa ahli menyarankan untuk menggunakan lidi ketika memberikan jangkrik. Ada juga yang menyarankan agar langsung dituangkan pada mangkuk pakan. Penyebab lain adalah karena burung kurang mendapat terik matahari, dengan kata lain burung jarang dijemur. Sehingga burung akan sering mengembangkan bulu-bulunya dan bersifat manja.  Mengatasi Masalah Cendet Yang Manja Cara mengatasi sebenarnya sangatlah variatif tergantung dari pola rawatan tiap harinya. Namun beberapa ahli menyarankan sebagai berikut. Tambahlah lama waktu penjemuran Sesekali buatlah burung terkejut dengan menggertaknya. Berikan rawatan dengan menjemur-memandikan-menjemur-memandikan-dan taruh ditempat teduh. Berikan EF yang bervariasi (jangkrik, Ulat, belalang, dll) Bila cara diatas belum juga mendapatkan hasil yang baik, maka lepaskan burung kecil seperti burung pipit ke dalam kurangan burung pentet agar sifat predator burung muncul kembali.

Jika anda pernah memelihara burung cendet, mungkin masalah ini pernah terjadi pada burung anda. Burung cendet kelihatan sangat manja terlebih jika berhadapan dengan pemilik burung. Biasanya burung akan berbunyi “ngeek..ngek...ngek...” sambil mengepa-ngepakkan sayapnya.

Sebelumnya mari kita bahas dulu tentang penyebabnya. Berikut beberapa penyebab burung cendet manja yang kami dapat dari beberapa ahlinya.

  • Karena terbiasa diberi jangkrik langsung dari tangan. Sehingga ketika melihat pemiliknya, burung akan mengepak-ngepakkan sayapnya mengira si pemilik akan memberinya jangkrik. Untuk menyiasati hal ini beberapa ahli menyarankan untuk menggunakan lidi ketika memberikan jangkrik. Ada juga yang menyarankan agar langsung dituangkan pada mangkuk pakan.
  • Penyebab lain adalah karena burung kurang mendapat terik matahari, dengan kata lain burung jarang dijemur. Sehingga burung akan sering mengembangkan bulu-bulunya dan bersifat manja.
Mengatasi Masalah Cendet Yang Manja

  • Cara mengatasi sebenarnya sangatlah variatif tergantung dari pola rawatan tiap harinya. Namun beberapa ahli menyarankan sebagai berikut.
  • Tambahlah lama waktu penjemuran
  • Sesekali buatlah burung terkejut dengan menggertaknya.
  • Berikan rawatan dengan menjemur-memandikan-menjemur-memandikan-dan taruh ditempat teduh.
  • Berikan EF yang bervariasi (jangkrik, Ulat, belalang, dll)
  • Bila cara diatas belum juga mendapatkan hasil yang baik, maka lepaskan burung kecil seperti burung pipit ke dalam kurangan burung pentet agar sifat predator burung muncul kembali.

Dan Di Forum Kaskus saya pernah menanyakan hal tersebut dan jawapannya seperti ini =
  • memang karakter pentet gitu gan, pentet ane jg kadang gitu kok untuk penyebabnya mungkin bisa jadi karena terlalu manja selain mbayek
  • Harus sedikit dilecut agar berkurang yah gan Hahaha . . . 
  • Io gan jemur dalam keadaan krodong ma sering di krodong biar gk mbayek
  • Solusi tepat itu gan Hehe iyah, dibuka dikit biar tingkat kelembababannya pas Plus ada sirkulasi & ga panas Plus supaya bisa intip-intipan juga ma kita Hahaha . . 
  • klo ane si ane krodong rangkep dua lalu ane basahin krodong luar semprot halus aja gk usa kebes, jadi sauna kan itu, bagian atas krodong tetep kebuka karena memang kondisi atapnya dibuat biar gk gitu rapet
  • Efek saunan wow wantap puh Pastinya akan efektif  Jika dengan 2 kerodong seperti itu Ilmuuuu . . coba ah . . 
  • disamping seperti itu buat ngajarin pentet tidak mbayi bisa juga dgn cara itu ngurangin birahi pentet disamping tiap hari mmg harus dikrodong selain sauna efek dgn 2 krodong + jemur
  • Siap gan Efek sauna, siap diingat dengan baik Btw, untuk hal sauna Dulu saya menggunakan teknik ini Sebelum saya membangong avi Dengan tujuan ya efek sauna Dulu saya ada kn & lb nduut Hahahaha . .  Niatnya bakar lemak Tapi ya alhamdulillah bisa Meskipun lama, super lama Hahaha . . 
  • iya gan untuk yg gendut2 emg jemur + sauna ma mandi basah kuyup gan emg rada nyiksa sih EFnya mw gk mw dikurangin gan, disamping umbaran buat geraknya jg bisa bikin kurus, atau kalau agan dh ada viary mantep lg dah itu pasti cepet kurusnya
  • Hehehe iyah gan Dulu saya belum terkumpul dana untuk membuat aviary Terpaksa main setting ef Yang ada jadi kurang on Hahaha . .  Resiko flip-flop sih yah Dikurangi X-nya, maka Y-nya terpengaruh Hehe . . 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mebuat Cendet Yang Mengembangkan Bulunya Saat Di Dekati Burung Cendet Manja Mbagong Seperti Anakan Burung

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!