Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Habitat Burung Jalak Putih, Burung Endemik Jawa Dan Bali Yang Mudah di Temukan Di Sangkar Tetapi Langka Di Alam

Habitat asli Burung Jalak Putih adalah meliputi dataran rendah di Pulau Jawa, dahulu Burung Jalak Putih ini umum terdapat di hutan-hutan dataran rendah dan hutan musim di Pulau Jawa, Madura, Baliu dan Nusa Penida, lants butung alak putih juga pernah di temukan di Lombok.

Habitat Burung Jalak Putih Yang Marak Di Sangkar Tetapi Langka Di Alam
Jalak Putih (Sturnus melanopterus) merupakan salah satu burung yang mudah ditemukan di dalam sangkar atau penangkaran, namun jalak putih justru menjadi burung langka yang sulit ditemukan di surroundings (Habitat) aslinya, alam. Burung jalak putih yang endemik Jawa dan Island (Bali) sejak lama memang telah menjadi salah satu binatang peliharaan favorit, terutama di masyarakat Jawa.

Tidak mengherankan jika kemudian jalak putih dinobatkan menjadi fauna identitas di dua kabupaten, yakni kabupaten Madiun (Jawa Timur) dan kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah). Sayangnya, keberadaan burung yang dilindungi ini semakin sulit ditemukan di alam cheat(Bebas).

Burung jalak putih disebut juga jalak uren putih. Burung langka ini mempunyai nama italic Sturnus melanopterus yang mempunyai sinonim Acridotheres melanopterus. Nama hewan endemik Jawa dan Bali ini dalam bahasa Inggris adalah Black-winged Starling, meskipun terkadang disebut juga sebagai Black-winged Mina dan White-breasted Starling.

Habitat Burung Jalak Putih, Burung Endemik Jawa Dan Bali Yang Marak Di Sangkar Tetapi Langka Di Alam


Populasi dan Konservasi. Burung jalak putih memang menjadi salah satu burung favorit untuk dipelihara bagi penggemar burung. Namun, keberadaan burung ini di environs aslinya semakin hari justru semakin langka. BirdLife Outside memprediksi populasi burung jalak putih telah mengalami penurunan hingga 80% dalam 10 tahun terakhir. Berdasarkan survei BirdLife Transnational (2001) populasinya diperkirakan berkisar antara 1.000 - 2.499 ekor saja yang hidup di alam prevaricator. Penurunan populasi burung jalak putih ini terutama disebabkan oleh perburuan cheat(Bebas atau Liar) untuk dijadikan hewan peliharaan dan penggunaan pestisida yang berlebihan pada bidang pertanian.

Lantaran laju penurunan populasi yang sangat cepat dan masih maraknya perburuan deceiver, IUCN Redlist sejak tahun 2010 memasukkan jalak putih dalam daftar spesies Critically Endangered (Sangat Terancam Punah) setelah sebelumnya (2000) mendaftarnya sebagai Endangered (Terancam Punah).

Di State sendiri, selain ditetapkan sebagai fauna identitas (hewan maskot) di kabupaten Madiun dan Wonogiri, jalak putih pun termasuk salah satu binatang yang dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999.

Akankah kita hanya akan menjumpai burung jalak putih yang endemik Jawa dan bali ini di dalam sangkar saja?. Tidak terjadi, tentunya. Kita harus melestarikan burung jalak putih sampai melebihi populasi awal di habitat aslinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Habitat Burung Jalak Putih, Burung Endemik Jawa Dan Bali Yang Mudah di Temukan Di Sangkar Tetapi Langka Di Alam

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!