Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Ciri-Ciri Fisik Burung Jalak Kebo Dan Cara Membedakan Jalak Kebo Jantan Dan Betina

Ciri-Ciri Fisik Burung Jalak Kebo Dan Cara Membedakan Jalak Kebo Jantan Dan Betina
Ciri-Ciri Fisik Jalak Kebo

  • Kepala, ekor berwarna abu-abu kehitaman
  • Sayap berwatna hitam dan beberapa helai bulu sayapnya berwarna putih
  • Kaki berwatna kuning, Paruh jaga berwarna kuning, lungkaran matanya berwarna putih kekuning-kuningan.

Burung Jalak kerbau termasuk burung favorit juga selain Jalak Suren, Jalak bali atau Jalak nias. Namun di pasaran, burung jalak kerbau termasuk burung paling murah dibandingkan dengan jenis burung jalak lainnya. Bakalan Jalak kerbau biasa dijual dalam kandang ombyokan dengan harga yang terjangkau yaitu sekitar 100 s/d 125 ribu rupiah saja. Biasanya memilih burung jalak kerbau dalam kandang ombyokan kita perlu juga membedakan jenis kelamin burung, apakah berjenis kelamin jantan atau betina. Namun biasanya penyuka kicau burung akan lebih memilih burung dalam jenis kelamin jantan. Berikut ini tips membedakan jenis kelamin burung jalak kerbau. Membedakan jenis kelamin jantan atau betina pada burung jalak bisa dimulai dengan melihat ciri-ciri fisik burung jalak kerbau, diantaranya sebagai berikut :
  1. Jalak kerbau jantan biasanya memiliki ciri fisik badan lebih besar dibandingkan dengan jalak kerbau betina.
  2. Pada jalak kerbau betina kepalanya berbentuk bulat, sedangkan kelamin jantan kepalanya cenderung kotak.
  3. Bagian paruh jalak jantan lebih besar dan kokoh, sedangkan betina paruhnya tipis dan pendek.
  4. Seperti burung lainnya juga, pada jalak kerbau jantan ekornya biasanya mengumpul di tengah sedangkan jalak betina lebih menyebar/ngipas.
  5. Jika didengarkan kicaunya, jalak kerbau jantan lebih plonng dan cerewet dibandingkan jalak betina yang kicaunya lebih merdu dan bersuara lebih dalam.
Jika para kiacamuania masih ragu-ragu menentukan jenis kelamin burung jalak kerbau apakah jantan atau betina, solusi yang lebih jitu bisa di lakukan dengan memegang burung dan memeriksa bagian kloaka burung jalak kerbau tersebut.
  1. Kloaka burung jalan kerbau jantan biasanya lebih menonjol jika kita raba seperti mengkerucut, bulu-bulu pada bagian kloaka juga lebih sedikit.
  2. Sedangkan ciri kloaka jalak kerbau betina lebih bulat dan bulu-bulu sekitar kloaka lebih panjang.
Demikian Sobat kicau, cara membedakan burung jalak kerbau antara yang berkelamin jantan dan betina. Burung jalak kerbau jantan atau betina sebenarnya sama-sama bisa berkicau namun memang lebih cerewet dan ramai burung jalak kerbau jantan dibandingkan yang betina. Salam kicau, semoga bermanfaat dan berguna.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ciri-Ciri Fisik Burung Jalak Kebo Dan Cara Membedakan Jalak Kebo Jantan Dan Betina

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!