Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Kepodang | Tips Cara Bagaimana Membuat Burung Kepodang Menjadi Cepat, Rajin Berkicau Dan Gacor

Perawatan Harian Agar Burung Kepodang Cepat Berkicau dan Gacor :

Perawatan harian untuk burung kepodang sebaiknya memenuhi semua unsur nutrisi dan gizi, termasuk protein, mineral, kalsium dan vitamin. Semua sumber-sumber nutrisi tersebut dibutuhkan mengingat burung kepodang adalah burung yang sangat aktif.

Pakan yang bisa anda berikan agar burung kepodang memiliki kepandaian untuk menirukan berbagai macam suara adalah memberikan pakan protein hewan lebih banyak dari pakan buah-buahan dan juga voernya. Karena meskipun dikenal sebagai pemakan buah-buahan, namun burung kepodang ini cenderung lebih banyak mengkonsumsi serangga.
Perawatan Harian Agar Burung Kepodang Cepat Berkicau dan Gacor :  Perawatan harian untuk burung kepodang sebaiknya memenuhi semua unsur nutrisi dan gizi, termasuk protein, mineral, kalsium dan vitamin. Semua sumber-sumber nutrisi tersebut dibutuhkan mengingat burung kepodang adalah burung yang sangat aktif.  Pakan yang bisa anda berikan agar burung kepodang memiliki kepandaian untuk menirukan berbagai macam suara adalah memberikan pakan protein hewan lebih banyak dari pakan buah-buahan dan juga voernya. Karena meskipun dikenal sebagai pemakan buah-buahan, namun burung kepodang ini cenderung lebih banyak mengkonsumsi serangga.   Untuk itu pola rawatannya bisa di atur seperti berikut : Pagi-pagi hari sekali burung kepodang dikeluarkan untuk pengembunan. Selama pengembunan hingga pagi harinya burung kepodang hanya diberikan pakan berupa oplosan apel dan kroto (untuk cara pembuatannya bisa dilihat di sini). Setelah matahari mulai terbit atau sekitar pukul 06:00 – 07:00 burung kepodang dimandikan, lalu diangin-anginkan sebentar. Berikan jangkrik sebanyak 3 – 5 ekor ketika burung kepodang diangin-anginkan. Setelah itu burung kepodang dijemur secukupnya saja (tidak lebih dari 2 jam). Setelah penjemuran selesai burungkepodang dipindahkan ke tempat yang sejuk. Untuk posisi sangkarnya direkomendasikan menggantung pada posisi paling tinggi dari sangkar burung kepodang jenis lainnya. ( bisa juga digantung di loteng rumah atau digantung pada cabang pohon di halaman). Berikan buah pepaya dan ulat bambu sebanyak 1  – 2 ekor. Putarkan suara masteran yang berasal dari suara burung poksay, suara cucak rawa, suara cica kopi, dan suara-suara lain yang berkarakter. Siang hingga sore harinya, sangkar burung kepodang tersebut dikerodong untuk burung  kepodang beristirahat lalu dibuka kembali setelah pukul 16:00 sore hari. Berikan oplosan apel dan kroto dan jangkrik 3 – 5 ekor lalu putarkan kembali suara masterannya. Menjelang malam burung kepodang kembali di kerodong dan dibiarkan beristirahat hingga pagi harinya.

Untuk itu pola rawatannya bisa di atur seperti berikut :

  • Pagi-pagi hari sekali burung kepodang dikeluarkan untuk pengembunan.
  • Selama pengembunan hingga pagi harinya burung kepodang hanya diberikan pakan berupa oplosan apel dan kroto (untuk cara pembuatannya bisa dilihat di sini).
  • Setelah matahari mulai terbit atau sekitar pukul 06:00 – 07:00 burung kepodang dimandikan, lalu diangin-anginkan sebentar.
  • Berikan jangkrik sebanyak 3 – 5 ekor ketika burung kepodang diangin-anginkan.
  • Setelah itu burung kepodang dijemur secukupnya saja (tidak lebih dari 2 jam).
  • Setelah penjemuran selesai burungkepodang dipindahkan ke tempat yang sejuk.
  • Untuk posisi sangkarnya direkomendasikan menggantung pada posisi paling tinggi dari sangkar burung kepodang jenis lainnya. ( bisa juga digantung di loteng rumah atau digantung pada cabang pohon di halaman).
  • Berikan buah pepaya dan ulat bambu sebanyak 1  – 2 ekor.
  • Putarkan suara masteran yang berasal dari suara burung poksay, suara cucak rawa, suara cica kopi, dan suara-suara lain yang berkarakter.
  • Siang hingga sore harinya, sangkar burung kepodang tersebut dikerodong untuk burung  kepodang beristirahat lalu dibuka kembali setelah pukul 16:00 sore hari.
  • Berikan oplosan apel dan kroto dan jangkrik 3 – 5 ekor lalu putarkan kembali suara masterannya.
  • Menjelang malam burung kepodang kembali di kerodong dan dibiarkan beristirahat hingga pagi harinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Kepodang | Tips Cara Bagaimana Membuat Burung Kepodang Menjadi Cepat, Rajin Berkicau Dan Gacor

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!