Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Kepodang | Habitat Asli Burung Kepodang Berwarna Cantik Yang Hampir Punah Dan Masih Sedikit Yang Menangkakannya

Burung kepodang yang bernamakan latin Oriolus Chinensis memiliki habitat asli di daerah tinggi. Namun burung ini dapat juga di temuakn di hutan terbuka, huta mangrove dan hutan  pantai hingga ketinggian 1.600 dari permukaan laut.
Burung Kepodangtersebar luas mulai dari India, Bangladesh, Rusia, China, Korea, Taiwan, Laos, Myanmar, Kamboja, Thailand, Filipina, Malaysia Hingga Indonesia. Di Indonesia burung kepodang yang berbulu indah ini dapat di jumpai du pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, dan Sulawesi.
\
Burung kepodang yang bernamakan latin Oriolus Chinensis memiliki habitat asli di daerah tinggi. Namun burung ini dapat juga di temuakn di hutan terbuka, huta mangrove dan hutan  pantai hingga ketinggian 1.600 dari permukaan laut. Burung Kepodangtersebar luas mulai dari India, Bangladesh, Rusia, China, Korea, Taiwan, Laos, Myanmar, Kamboja, Thailand, Filipina, Malaysia Hingga Indonesia. Di Indonesia burung kepodang yang berbulu indah ini dapat di jumpai du pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, dan Sulawesi.
Tetapi burung kepodang yang memiliki suara merdu dan warna cantik ini mulai susah untuk di temukan di alam liar, burung ini termasuk burung yang di lindungi oleh pemerintah Indonesia. Selain kelangkahanya burung kepodang ini juga termasuk burung yang manja dan gharus di perlakukan dengan sebaik-baiknya, sehingga masih sedikit para penangkar yang menangkarkan burung kepodang ini. Di Indonesia, selain dikenal dengan nama kepodang sebagai nama umumnya, juga dikenal dengan nama bincarung di jawa barat, dan gulalae di sulawesi. Sayangnya akhir-akhir ini keberadaan burung kepodang semakin langka di hutan pulau jawa dan sumatra, imbasnya burung ini pun langka ditemukan di pasar pedagang burung. Kepodang batu (O. chinensis maculatus) Kepodang kapur
salah satu sub-species dari Kepodang emas (O. chinensis) Jenis kepodang yang populer atau yang paling sering dipelihara di Indonesia adalah Kepodang emas (Oriolus chinensis), Kepodang batu (Oriolus chinensis maculatus) dan Kepodang kapur (Oriolus chinensis spp.) yang memiliki perbedaan pada paruh berwarna lebih gelap. Burung kepodang emas banyak dipelihara orang mungkin karena warna kuning keemasannya paling cerah dan suaranya juga paling keras.
Bagi sebagian masyarakat di Indonesia, burung kepodang ini memiliki mitos, seperti di jawa barat, diyakini apabila burung Kepodang ini dipelihara di rumah, akan mampu menolak berbagai bencana, seperti kemalingan, kebakaran, penyakit dan lain-lain. Sedangkan di daerah jawa tengah dan jawa timur, burung kedang ini dianggap mampu memberikan hal positif bagi ibu-ibu hamil, pada masa kehamilan bulan ke tujuh, biasanya burung kepodang ini disembelih, dimasak dan diberikan kepada sang ibu hamil, dan diyakini akan memberikan keturunan yang cantik atau tampan layaknya keindahan warna burung kepodang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Burung Kepodang | Habitat Asli Burung Kepodang Berwarna Cantik Yang Hampir Punah Dan Masih Sedikit Yang Menangkakannya

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!