Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Kacer Poci Info Tentang Habitatnya Di Daerah-Daerah Tertentu

Habitat Burung Kacer Poci :
Burung kacer mempunyai wilayah penyabaran daerah antara lain China, Nepal, Thailand, Indochina, Filipina, Malaysia, dan Indonesia. Burung Kacer hitam yang bernama latin Copsychus Sechellarum atau Seychelles Magpie Robin, Burung Kacer hitam ini penyebarannya mulai dari Seychelles (Afrika), Jawa, Kalimantan (Indonesia). Burung kacer hitam seluruhtubuhnya berwarna hitam, kecuali pada sayapnya terdapat warna putih.

Burung Kacer Poci Info Tentang Habitatnya Di Daerah-Daerah Tertentu

Sementara itu burung kacer madagaskar yang bernama latin Madagascar Magpie Robin atau Copsychus Albospecularis terdiri dari tiga subpecies, yakni pica, albospecularis dan inexpectatus. Seluruh subspecies Copsycuhus Albospecularis ini terbesar di wilayah Madagascar Afrika.

Seperti disebutkan di atas, burung kacer terdiri dari 3 species, yakni Copsychus saularis, Copsychus sechellarum dan Copsychus albospecularis. Khusus untuk Copsychus saularis (Oriental Magpie Robin) ini terdiri dari 9 subspecies, yaitu:

  • Saularis, (Thailand, India, Nepal, Malaysia, Indonesia)
  • Andamanensis, (Kep. Andaman)
  • Musicus, (Peninsular, Malaysia, Thailand)
  • Prosthopellus, (Hainan-China)
  • Erimelas (India ke Indochina),
  • Pluto (Sabah-Malaysia, Borneo-Indonesia),
  • Ceylonensis (India, Srilanka),
  • Adamsi (Sabah-Malaysia, Borneo-Indonesia),
  • Mindanensis (Mindanao-Philippines).



Burung Kacer sumatera atau Burung kacer poci mempunyai warna hitam pada kepala, leher sebatas dada, punggung dan bagian luar ekor. Sedangkan warna putih berada pada dada, perut dan ekor bagian dalam. Penyebaran mulai China, India, Nepal, Thailand, Indochina, Filipina, Malaysia dan Indonesia.
Memiliki suara yang keras, nyaring dan pintar menirukan suara-suara di sekelilingnya. Penampilan sangat atraktif sambil membuka ekor serta mengeluarkan suara kicauan yang merdu. Burung Kacer ini sangat menyukai udara panas.

Burung Kacer hitam (Copsychus sechellarum) atau Seychelles Magpie Robin penyebarannya mulai dari Seychelles (Afrika), Jawa dan Kalimantan (Indonesia). Seluruh tubuh berwarna hitam, kecuali pada sayap terdapat warna putih. Kemampuan berkicau sangat baik dan pintar menirukan suara-suara di sekelilingnya. Penampilan sangat atraktif sambil memainkan ekor. Volume suara sedang. Jenis ini juga sangat suka dengan udara panas.

Sementara itu burung kacer madagaskar atau Madagascar Magpie Robin (Copsychus albospecularis) terdiri dari dari 3 subspecies, yakni pica, albospecularis dan inexpectatus. Seluruh subspecies Copsychus albospecularis ini tersebar di wilayah Madagascar Afrika.

Bagian leher sebelah atas, punggung dan ekor berwarna hitam kebiru-biruan. Kemampuan berkicaunya tidak kalah dari kedua sepupunya C. saularis dan C. sechellarum.

Selain dari ketiga species di atas, ada satu jenis burung kacer lagi yang beredar di kalangan pedagang dan pemilik burung kacer, yaitu Burung Kacer Blorok. Jenis ini menurut anggapan kebanyakan orang maupun peneliti adalah merupakan hasil perkawinan silang yang terjadi di alam, antara Burung Kacer Hitam Putih (C. saularis) dengan Burung Kacer Hitam (C. sechellarum).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Kacer Poci Info Tentang Habitatnya Di Daerah-Daerah Tertentu

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!