Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Kicau Beo : Habitat Beo Di Pulau Nias

Burung Beo Penghuni Atau Indentitas Di Sumatra Utara
Burung Beo Nias adalah jenis burung yang identitasnya di daerah Sumatra Utara, karena burung ini terdapat di pulau Nias. Burung ini banyak ditemukan di hutan dan tinggal pada tajuk pohon yang tinggi. Burung Beo adalah burung yang bersifat sibiosis mutualisme alias saling menguntungkan burung Beo mempunyai peran sebagai pemencar biji di hutan.
Wilayah persebaran alaminya adalah mulai dari Srilangka, India, Himalaya, Filipina, Jawa sampai kepulauan Sunda Kecil. Burung Beo bisa di temukan di dataran rendah dan tinggi lebih dari 2000m dari permukaan laut.

Populasi dan Konservasi. Populasi burung endemik yang menjadi fauna identitas Sumatera Utara ini hingga sekarang tidak diketahu dengan pasti. Namun yang pasti semakin hari burung pengicau ini semakin sulit ditemukan di alam liar. Bahkan IPB bersama Kementerian Kehutanan yang pernah melakukan penelitian dari 1996-1997 hanya bisa menemukan 7 ekor burung beo nias saja.

Secara umum spesies beo didaftar sebagai Least Concern dalam IUCN Redlist dan dimasukkan dalam CITES Apendiks II, namun populasi beo nias yang trerdapat di alam liar semakin langka.
Di Indonesia, beo nias menjadi salah satu satwa yang dilindungi bahkan oleh pemerintah kolonial Belanda sekalipun. Berbagai peraturan perundangan yang menyertakan beo nias dalam daftar satwa yang dilindungi dari kepunahan antara lain Peraturan Perlindungan Binatang Liar Tahun 1931, Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 421/Kpts/Um/8/1970, Undang-undang No. 5 Tahun 1990, dan Peraturan pemerintah No. 7 Tahun 1999.

Semoga saja beo nias, Sang Peniru yang ulung ini masih mendapat perhatian dari kita semua untuk bisa bertahan di alam liar dan janganlah tergantikan oleh manusia-manusia yang suka membeo.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Burung Kicau Beo : Habitat Beo Di Pulau Nias

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!