Burung Branjangan:Cara Mudah Membedakan Burung Branjangan Jantan Dan Branjangan Jantan Betina

Untuk membedakan Burung Branjangan betina dan jantan bisa di lihat dari peruhnya. Pada Burung Branjangan jantan paruh bagian bawah terlihat putih atau teranag sedangkan Burung Branjangan yang betina memiliki paruh gelap kecoklatan atau hitam.

Burung Branjangan:Cara Mudah Membedakan Burung Branjangan Jantan Dan Branjangan Jantan Betina

Ciri-ciri Burung Branjangan Jantan : Memiliki warna tubuh coklat agak tajam dan bulunya tebal. Begitu pula warna perutnya hitam megkilat. Jika bertemu burung sejenis muncul jambul di kepala nya agak panjang dan lebih gagah.

Ciri-ciri Burung Branjanagn Betina : Memiliki warna bulu yang agak kusam. Burung betina juga memiliki jambul, sehingga jangan terkecoh saat membelinya. Bedanya, jambul burung branjangan yang betina lebih pendek. Volume suaranya sama-sama keras, namun suara beina terputus-putus dan kurang variasi.
Membedakan jenis kelamin (jantan-betina) branjangan

Burung branjangan jantan dan burung branjangan betina dari genus mirafra ini sama-sama memiliki kemampuan berkicau meskipun suara kicauan burung jantan lebih bervariasi. Ini berbeda dengan genus melanocorypha seperti burung pailing (Melanocorypha mongolica), karena hanya burung jantan dari genus ini yang bisa berkicau.

Seperti disebutkan Om Yogi melalui grup Himpunan Pelestari Branjangan Indonesia, membedakan jenis kelamin burung branjangan bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa kondisi sebagai berikut :
  • Melihat penampilan anakan burung branjangan
Bentuk kepala burung anakan betina cenderung lebih kecil dari bentuk kepala burung jantan, selain itu anakan burung jantan memiliki warna bulu yang lebih tajam dan tegas dibanding anakan burung betina, bahkan dari suaranya terdapat perbedaan.
  • Melihat bentuk kepala burung branjangan
Burung jantan memiliki mata dengan pandangan yang cukup tajam dan jika diperhatikan lebih seksama ada bulu halus berwarna hitam yang terdapat pada bagian depan mata dekat dengan paruh bagian atas. Selain itu jika dicermati pada bagian paruh dan bawah kupingnya, maka akan terlihat bulu yang berwarna putih yang tampak berdiri (mekar).
  • Melihat ukuran tubuh burung branjangan
Secara umum, burung jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari burung betina. Namun hal ini tentu akan berbeda tergantung asal daerahnya, misalnya burung branjangan betina yang berasal dari Jawa tentu akan memiliki tubuh yang lebih besar dari burung yang berasal dari NTB atau daerah lainnya.
  • Mendengar suara burung branjangan
Umumnya juga burung jantan memiliki bulu-bulu yang halus dan tegas pada bagian dadanya. Bentuk bulu ini mulai terlihat sejak burung masih berusia trotolan.
  • Melihat warna bulu dada burung branjangan
Pada burung yang masih berusia muda, burung betina cenderung jarang atau malas berbunyi dibandingkan burung jantan muda yang lebih sering ngeriwik. Ketika burung sudah berusia dewasa, burung betina akan memiliki kemampuan bersuara lebih keras namun kurang variasi dengan suara kicauannya yang monoton (diulang-ulang), sedangkan burung jantan akan memiliki suara yang cukup lantang dengan suara kicauan yang cukup bervariasi.
  • Melihat bentuk ekor burung branjangan
Bagian ekor adalah bagian yang bisa menjadi salah satu yang jadi perhatian ketika memilih burung branjangan yang berjenis kelamin jantan. Burung branjangan jantan biasanya memiliki bentuk ekor yang tampak selalu terbuka / mengembang, sedangkan bentuk ekor burung betina cenderung memiliki ekor yang tipis dan sering menutup.




auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings , manfaat gula merah, freshaves, suara cucak ijo, suara c ijo, download suara cucak ijo mp3, laptop, bisnis tanpa modal, peluang bisnis online terbaru, internet broadband, internet access, internet isp, internet line, internet p, email customer service gojek, grabbike car, bank s, web website, bank c, website shop, logo animals, web dengan desain terbaik

0 Response to "Burung Branjangan:Cara Mudah Membedakan Burung Branjangan Jantan Dan Branjangan Jantan Betina"

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!