Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Mempersiapkan Burung Kicau Lomba Agar Menang - Burung Kicau - Birds Chirping

Lomba Burung Murai Batu
Para kicau mania pasti ingin menang dalam lomba burung kicau baik itu antar kampung, antar kota dan sampai piala raja. Burung yang mau di lombakan harus memenuhi 5W dan 1H, yaitu who (siapa),why (mengapa), what (apa), when ( kapan), where (dimana) dan how (bagaimana). 

HOW (SIAPA)

Ada dua aspek how (siapa) yaitu : 1. How (Siapa) = Siapa Burung Kita, 2. How (Siapa) = Siapa Burung Lawan

1. How (Siapa) = Siapa Burung Kita
     Para kicau mania harus tau  karakter burung yang akan di lombakan, banyak pertanyaan mengenai burung yang akan kita lombakan/ konteskan seperti, apakan burung kita siap tarung, bagaimana pengalaman tarungnya, dan bagaimana mental burung kicau yang akan kita konteskan/lombakan saat tarung.

Burung siap tarung adalah burung yang sehat dan fit, bulunya cukup tua dalam arti tidak sehabis mabung kira-kira dua bulan setelah mabung, dan juga mempunyai karakter yang unik dari burung lain alias (mempunyai senjata andalan) mukin tembakanya atau lantangnya suara burung saat kontes. Jika burung kita yang mau di lombakan sakit, mabung atau tidak fit sebaiknya jangan di paksakan untuk mengikuti lomba, karena akan buang-buang uang, tenaga dan waktu kita, biarkan burung tersebut istirahat dulu sampai fit. Senjata andalan burung juga harus kita perhitungkan apakan burung kicau yang kita pelihara apakah mampu melebihi burung kicau kontestan yang lain, seperti senjata ampuh dalam hal irama/lagu yang di mainkan burung saat berkicau, volume suara burung, suara burung yang merdu dan tidak serak, dan gaya burung saat berkicau. jika tidak memiliki senjata ampuh sebaiknya kita asah dulu sampai burung kicau kita mampu atau layak untuk mengikuti lomba, yang paling utama adalah irama/lagu burung saat berkicau di dalam perlombaan burung atau kontes burung kicau.

Komdisi burung harus benar-benar fit, burung harus kita rawat dengan baik agar kondisi burung sudah fit jauh-jauh hari sebelum bertanding atau lomba. Burung yang mau kita lombakan kita karantina dulu dari burung lain atau burung sejenis agar burung tidak menghabiskan staminanya untuk bertanding dengan burung lain atau burung sejenisnya saat berdekatan, minimal kita karantina burung selama satu minggu agar burung kicau kita mempunyai setamina dan power yang banyak di arena perlombaan nanati. Selama satu minggu atau tujuh hari tersebut burung harus mendapatkan perawatan khusus seperti penjemuran. Penjemuran dilakukan tidak membutuhkan waktu yang lama cukup jemur burung kicau kita selama kurang lebih dua jam dari jam 9-11, jemur burung di panas atau ruang panas misal di bawah seng atau langsung kena matahari jika menjemur langsung terkena mataharu sebaiknya jemur maksimal satu jam saja. Penjemuran ini agar burung kicau yang akan kita lombakan mempunyai nafas yang panjang dan memperkuat nafasnya.

Penjemuran bisa kita lakukan dua hari saja sebelum burung kicau kita mengikuti lomba, dan jangan luapa burung tetap di rawat menurut karakter dan kesukaan burung kicau yang di miliki para kicau mania. Hanya tambahkan posri penjemuran saat sehabis di madi seprot ataupun karamba, saat pagi hari setelah itu di angin-anginkan sampai kering bulu-bulunya lalu kerodong kembali burung kicau tadi. Agar burung tidak mengeluarkan suara stamina yang berlebih dan buang-buang tenaga.

Pakan burung sebaiknya berikanlah pakan yang biasanya di berikan sehari-hari tidak perlu  memberi pakan lain yang belum pernah di makan si burung dan menambah apa lagi mengurangi porsi pakan burung kicau kita yang akan di lombakan, Karena dengan penambahan pakan atau pengurangan pakan dapat membuat burung berubah dalam penampilan saat lomba. Adanya penambahan atau pengurangan menu pakan burung kicau dapat bertambah keagresifanya dan hanya terlalu banya gerakan saat lomba dan tidak banyak mengeluarkan suaranya.

2. How (Siapa) = Siapa Lawan Kita
    Seperti yang di ketahuai para kicau mania lawan yang akan di lawan oleh burung kita adalah burung-burung yang bagus tentunya dan tak jarang juga burung kicau yang suda punya nama alias perna menjuarai kejuaraan lomba kicau burung (Burung Prestasi) baik atar desa, dareah dan piala raja. Jadi Siapkanlah burung kicau kita agar paling tidak setara dengan meraka dan kalau bisa sampai melebihi burung yang sudah berprestasi.

WHY (MENGAPA)

Mengapa kita mengikuti lomba burung kicau.?
Para kicau mania kebanyakan mengikuti lomba untuk mendapatkan juara sebaiknya kita nomor duakan juara tersebut karena saat para kicau mania menginginkan juara tapi tidak mendapatkannya akan membuat para kicau mania tidak semangat lagi merawat burungnya, sebaiknya kita nomor satukan untuk mengetes burung sehingga ketika burung kicau kita lombakan adalah niat utuk menguji burung kita layak atau tidak dalam perlombaan, jika layak dan masih ada yang harus di perbaiki maka kita akan lebih semangat merawat burung kicau yang kita pelihara samapai medapatkan juara. 

WHAT (APA)

Apa yang akan mewakili : apakah kita yakin akan mengikuti lomba kicau burung ini, berdasarkan evennya misal adalah lomba nasional maka kita harus yakin dengan lomba yang akan kita laksanakan. dan pastikan jika kita mau mengikuti even lomba tingkat nasional sebaiknya kita harus pernah memenangkan paling tidak tiga kali lomba di tingkat loakal dan regional. Dalam pengalaman para kicau mania di seluruh dunia memperkirakan burungnya apakah layak tidak untuk mengikuti lomba mereka juga biyasa memulai dengan lomba lokal dulu baru ke nasional. Juri juga akan lebih berbeda penilainya lebih ketat di even lomba kicau burung yang taraf nasional. Jadi pertimbangkan dulu mental burung, kicaunya, volumenya, gaya bertarungnya dan aspek yang di butuhkan di lomba burung kicau mania.

WHERE (DIMANA)


Where (dimana) adalah dimanakah lomba dilaksanakan. Harus kita ketahui benar dari sisi jarak tempuh dan kondisi arena perlombaan. Kalu jarak tempuhnya mencapai dua jam sebaiknya anda datang sehari sebelumnya di kota tempat lomba. Hal ini dapat memberi ruang atau waktu burung kicau kita untuk beristirahat sebelum bertanding.

Kondisi lapangan lomba juga harus kita ketahui, apakah arena lomba yang akan kita pakai untuk lomba terbuka dari sinar matahari atau atau tertutup, Pastikan dengan kedua kondisi tersebut burung kicau kita tidak terpengaruh dengan kondisi dan situasi lapangan. Jadi ketahuilah burung anda bisa melampau jenis lomba tersebut dan bisa sesui dengan tempat lomba tersebut atau tidak.

WHEN (KAPAN)


Kapan yaitu kapan lomba di gelar, dan juga mengenai cuaca atau musim yang sedang ada. Jika pada cuaca berangin maka pastikan sangkar burung untuk burung kicau anda cukup berat sehingga tidak akan berayu-ayun di gantangan.


HOW (BAGAIMANA)


1. Jangan pernah menaruh pakan burung di dalam sangkar ketika burung di gantangkan di arena perlombaan.

2. Jangan teriak-teriak saat lomba berlansung karena tidak ada eveknya. Kecuali memberi peringatan bagi juri yang akan berbuat tidak jujur dalam lomba.
3. Jangan Pernah tinggalkan burung kicau kita di dalam arena perlombaan tanpa pengawasan
4. Jangan tempatkan burung atau gantangkan burung di sembarang tempat. Waspadai serangga atau semut yang mengganggu burung kita saat lomba.

Sekian Dulu dari Saya
Salam Kicau Mania Se Dunia
Terimakasis Semoga Bermanfaat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mempersiapkan Burung Kicau Lomba Agar Menang - Burung Kicau - Birds Chirping

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!